PERAN PENGURUS ORGANISASI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP ANGGOTA IKATAN ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR (IKARUS) YOGYAKARTA

Ifan, NIM.: 17104010022 (2024) PERAN PENGURUS ORGANISASI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP ANGGOTA IKATAN ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR (IKARUS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENGURUS ORGANISASI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP ANGGOTA IKATAN ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR (IKARUS) YOGYAKARTA)
17104010022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENGURUS ORGANISASI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP ANGGOTA IKATAN ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR (IKARUS) YOGYAKARTA)
17104010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya permasalahan dalam proses penanaman nilai-nilai akhlakul karimah anggota organisasi IKARUS Yogyakarta. Namun demikian, masih dijumpai beberapa permasalahan sehingga proses penanaman nilai-nilai akhlakul anggota IKARUS Yogyakarta belum terlaksana secara optimal. Salah satu yang sangat terasa adalah menurunnya sifat kepedulian dan kedisiplinan angota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengurus dalam menanamkan nilai-nilai akhkakul karimah melalui kegiatan keagamaan dan sosial, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat pengurus organisasi dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah terhadap anggota IKARUS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kemudian untuk analisi data dilakukan dengan menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peran pengurus dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah anggota yaitu pengurus berperan aktif, pasif dan parsitipatif sebagai seseorang yang terlibat sepenuhnya dengan membimbing, mengarahkan, teladan, mengingatkan dan sebagai orang yang terlebih dahulu hadir dan berpengalaman di organisasi IKARUS Yogyakarta. (2) macam-macam kegiatan keagamaan dan sosial diantaranya yaitu yasinan dan tahlilan, kajian keagamaan, goyong royong dan kegiatan bantuan sosial. Semua kegiatan tersebut masuk dalam penanamkan nilai-nilai akhlakul karimah, baik meningkatkan ibadah, ikhlas dan saling menghargai, rasa tanggung jawab, kedisiplinan, mental dan akhlak. (3) Beberapa faktor pendukung diantaranya program kerja pengurus yang jalan, fasilitas yang cukup memadai dan dana kegiatan yang tercukupi. Faktor penghambat diantaranya, kesadaran anggota dalam mengikuti kegiatan masih kurang, jadwal kegiatan yang kurang jelas, pengaruh game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengurus organisasi, Nilai-nilai Akhlakul Karimah, Kegiatan Keagamaan dan Sosial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 11:31
Last Modified: 03 Jul 2024 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum