PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC DENGAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Lina Latifah, NIM.: 19104040006 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC DENGAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC DENGAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
19104040006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC DENGAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
19104040006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam hal pendidikan, salah satu faktor keberhasilan pembelajaran adalah pemahaman konsep. Hal ini dikarenakan pemahaman dapat membantu siswa dalam kemampuan yang lainnya. Selain itu kemandirian belajar juga merupakan salah satu faktor dalam menentukan kesuksesan pembelajaran. Oleh karena itu, pemahaman konsep dan kemandirian siswa harus terfasilitasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan keberhasilan atau kesuksesan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan e-comic matematika dengan masalah kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. E-comic ini memuat materi aritmatika sosial dengan metode pengembangannya yaitu PPE. Tahap PPE meliputi planning, production, dan evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian e-comic, lembar skala respon siswa, dan lembar kemandirian belajar serta lembar soal penilaian akhir materi untuk menentukan kelayakan e-comic berupa kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) E-comic berjudul “Komarit Sosial” dengan masalah kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi aritmatika sosial berhasil dikembangkan melalui tiga tahapan pengembangan model PPE, 2) Hasil penilaian ahli media mendapat persentase sebesar 3,19 (baik) dan ahli materi dengan persentase sebesar 3,1 (baik). Respon siswa dari hasil uji coba lapangan mendapatkan skor sebesar 81,47% dari peserta didik dan dari 30 siswa terdapat 23 siswa atau sekitar 76,7% memperoleh nilai melebihi KKM serta terdapat 24 siswa atau sekitar 80% dari sampel mencapai kriteria minimal baik dari hasil pengisian kuesioner kemandirian belajar. Hal ini mengindikasikan bahwa produk e-comic yang dikembangkan dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Iqbal Ramadani, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Elektronik Komik (E-Comic), Masalah Kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 13:40
Last Modified: 03 Jul 2024 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum