UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI GIRILOYO 2

Art Sinta Puspaningrum, NIM.: 19104080050 (2024) UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI GIRILOYO 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI GIRILOYO 2)
19104080050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI GIRILOYO 2)
19104080050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter perlu ditingkatkan karena adanya penurunan karakter bangsa di Indonesia. Siswa usia sekolah dasar rentan terpapar informasi negatif sehingga lebih mudah meniru hal negatif di kehidupan nyata. Karakter religius dalam Islam adalah berperilaku dan berakhlak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam pendidikan. Pendidikan Islam tidak hanya bersifat teoritis, tetapi bersifat praktis. Berkaitan dengan hal itu, MI Giriloyo 2 membina karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha. Pembiasaan ini dilakukan untuk membina karakter religius siswa dan sejalan dengan visi MI Giriloyo 2 yaitu mewujudkan generasi muslim yang berakhlak mulia, tangguh, cendikia dan berwawasan lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pembiasaan shalat Dhuha untuk pembinaan karakter religius siswa, hasil nilai karakter religius, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping shalat Dhuha, dan siswa MI Giriloyo 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti konsep analisis Miles dan Huberrman. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah upaya pembiasaan shalat Dhuha untuk pembinaan karakter religius siswa di MI Giriloyo 2 dilakukan menggunakan indikator pembiasaan menurut Maswardi M. Amin, yaitu rutin, spontan, dan keteladanan. Karakter religius yang dihasilkan siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha adalah beriman dan bertaqwa, pengabdian, takut bersalah, bersyukur, sabar, belajar ilmu agama, sopan santun, dan pemurah. Faktor pendukung dari pembiasaan shalat Dhuha adalah semangat pada diri siswa, tanggung jawab, komitmen kepala sekolah, guru, dan siswa, adanya perkembangan sarana prasarana, dan lingkungan sekolah. Demikian pula untuk faktor penghambat dari pembiasaan shalat Dhuha di MI Giriloyo 2 adalah kurangnya motivasi, keterlambatan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, cuaca, dan koordinasi guru yang kurang terkoordinir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Shalat Dhuha, Pendidikan Karakter, Karakter Religius.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 13:52
Last Modified: 03 Jul 2024 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum