PENGARUH PENGGUNAAN GAME QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG

Lana Hasunah Agustin, NIM.: 20104010005 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GAME QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN GAME QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG)
20104010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN GAME QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG)
20104010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar tersebut adalah faktor eksternal berupa media pembelajaran. Media pembelajaran pada mata pelajaran PAI belum bervariasi, masih terpaku pada buku ajar saja. Keadaan tersebut menjadikan pembelajaran PAI dengan materi yang bersifat doktrinal menjadi semakin membosankan. Solusi yang dapat ditawarkan adalah penggunaan game Quizwhizzer sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh game Quizwhizzer terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Mertoyudan Magelang serta menganalisis besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi eksperimen dengan bentuk posttest-only design with nonequivalent groups. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan game Quizwhizzer sebagai variabel bebas dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah skala minat belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik analisis deskriptif berupa tabel dan teknik analisis inferensial menggunakan uji parametrik independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan game Quizwhizzer berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Mertoyudan Magelang (t = 3.559; p = 0.01). (2) Besar pengaruh penggunaan game Quizwhizzer terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Mertoyudan Magelang sebesar 42.3% (r = 0.423).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Game Quizwhizzer
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 13:59
Last Modified: 03 Jul 2024 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum