STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN SIKAP TAWADHU PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN

Chaerunisa Hikmatuzahwa, NIM.: 20104010012 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN SIKAP TAWADHU PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN SIKAP TAWADHU PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN)
20104010012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN SIKAP TAWADHU PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN)
20104010012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penurunan kualitas moral atau degradasi moral, terutama di dunia pendidikan, telah menjadi masalah serius saat ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, pendidikan karakter dan akhlak perlu menjadi prioritas utama dalam pembelajaran. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) dirancang untuk menghadapi tantangan perubahan zaman. Sikap tawadhu relevan dengan P5P2RA, mencerminkan sikap rendah hati, saling menghormati, dan gotong royong. Peran guru akidah akhlak sangat penting dalam membimbing peserta didik untuk memahami dan menerapkan sikap tawadhu dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya guru akidah akhlak dalam mendidik sikap tawadhu peserta didik pada implementasi P5P2RA di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian mencakup wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian analisis data terdiri dari 3 tahapan yakni redukusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) antara : (a) perencanaan (b) pelaksanaan dan (c) Evaluasi. 2)Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan sikap tawadhu dalam implementasi P5P2RA di MAN 3 Sleman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru akidah akhlak memiliki peran penting dalam menanamkan sikap tawadhu pada P5P2RA melalui berbagai strategi antara lain : (a) keteladanan (b) pembiasaan (c) nasehat dan (d) perhatian. 3) Implikasi Penanaman Sikap Tawadhu Peserta Didik pada Implementasi P5P2RA memiliki dampak positif terhadap peserta didik. Peserta didik menunjukkan sikap tawadhu dengan menerima materi, menghormati orang lain, bersikap sederhana, dan rendah hati. Meskipun masih ada beberapa kekurangan, namun hasil penelitian menunjukkan kemajuan yang cukup baik dalam perkembangan karakter peserta didik. Kedepannya diharapkan madrasah dapat memasukan sikap tawadhu pada instrumen penilaian P5P2RA serta dapat menyempurnakan modul P5P2RA sebagai panduan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Tawadhu, P5P2RA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 14:14
Last Modified: 03 Jul 2024 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum