PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI TENTANG PEMANFAATAN SMARTPHONE DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2023/2024)

Arina Rahma, NIM.: 20104010015 (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI TENTANG PEMANFAATAN SMARTPHONE DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2023/2024). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI TENTANG PEMANFAATAN SMARTPHONE DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2023/2024))
20104010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI TENTANG PEMANFAATAN SMARTPHONE DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2023/2024))
20104010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dampak dari perkembangan IPTEK terhadap pembelajaran PAI. Kemajuan teknologi saat ini memberikan berbagai tantangan dalam pembelajaran PAI, salah satunya adalah dampak dari penggunaan smartphone pada peserta didik. Peserta didik cenderung lebih mudah terpapar pada informasi dari sosial media dan internet saat menggunakan smartphone, sehingga menimbulkan permasalahan pada saat pembelajaran. Permasalahan timbul karena berbagai dampak negatif penggunaan smartphone hingga menimbulkan krisis pada nilai-nilai moral peserta didik. Krisis tersebut menyebabkan lemahnya karakter religius peserta didik sehingga menimbulkan penurunan nilai-nilai karakter religius seperti rasa hormat, sikap sopan santun, dan rasa malu. Penurunan nilai-nilai tersebut berdampak pada kehidupan sehari-hari peserta didik terutama di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) menurunnya konsentrasi peserta didik saat pembelajaran karena belum adanya aturan khusus penggunaan smartphone saat pembelajaran dan metode pembelajaran guru yang kurang variatif, menurunnya kepedulian sosial peserta didik terutama interaksi dengan gurunya saat di sekolah, peserta didik menggunakan bahasa yang tidak baik disebabkan karena kurangnya filter dalam melihat konten di sosial media, serta kurangnya regulasi peserta didik dalam penggunaan internet sehingga mengakibatkan adanya peserta didik yang melihat tayangan yang tidak pantas dan asal mengikuti trend tanpa memperhatikan hukumnya dalam Islam. 2) Solusi untuk membina karakter religius peserta didik dilakukan dengan menerapkan manajemen kelas, menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, dan memberikan nasehat kepada peserta didik, menerapkan budaya 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun) serta TOMATMU (Tolong, Maaf, Terimakasih, Musyawarah) di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Karakter Religius, Smartphone
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 14:18
Last Modified: 03 Jul 2024 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum