PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Anggita Dewi Apriliana, NIM.: 20104010028 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH)
20104010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH)
20104010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar SKI siswa yang masih menjadi problematika mendasar hingga saat ini. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor instrumental berupa pemanfaatan media pembelajaran. Sejauh ini, media pembelajaran SKI masih terbatas pada pemanfaatan buku ajar berbasis teks sebagai satu satunya sumber belajar dan belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diaplikasikan adalah digital storytelling. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pemanfaatan media pembelajaran digital storytelling terhadap hasil belajar SKI siswa dan menganalisis besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan bentuk posttest only design with non equivalent groups. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 5 Ngawi yang berjumlah 29 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar, angket penilaian sikap, dan lembar observasi prosedur pemanfaatan media pembelajaran digital storytelling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif menggunakan tabel dan diagram serta teknik statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik berupa uji independent sample t test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran digital storytelling terhadap hasil belajar SKI siswa (t = 2,153; df = 56; p = 0,018 < 0,05). Hasil belajar siswa yang memanfaatkan media pembelajaran digital storytelling lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak memanfaatkan media pembelajaran digital storytelling. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. (2) Besar pengaruh pemanfataan media pembelajaran digital storytelling terhadap hasil belajar SKI siswa adalah 27,6% (r = 0,276). Nilai tersebut menunjukkan pengaruh dalam kategori kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Digital Storytelling, Hasil Belajar, SKI
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 14:23
Last Modified: 03 Jul 2024 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum