PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0 DI MAN 3 SLEMAN

Ahmad Royhan Anwar, NIM.: 20104010041 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0 DI MAN 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0 DI MAN 3 SLEMAN)
20104010041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0 DI MAN 3 SLEMAN)
20104010041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah munculnya era Society 5.0 yang menyebabkan permasalahan moralitas semakin luas karena banyaknya teknologi informasi yang masuk dan mudah dijangkau oleh semua kalangan. Tidak dapat dipungkiri, teknologi terbukti memengaruhi pembentukan karakter manusia khususnya terkait sikap peduli peserta didik di MAN 3 Sleman. Oleh karena itu, guru Akidah Akhlak di sini memiliki peran penting dalam menanamkan sikap peduli pada peserta didiknya agar tidak mudah terbawa oleh arus negatif dari perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli peserta didik, hasil peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil latar tempat di MAN 3 Sleman. Subjek penelitian antara lain guru Akidah Akhlak, Wakil Kepala Kesiswaan, dan dua peserta didik MAN 3 Sleman. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan mengikuti teori Miles dan Huberman yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik diantaranya sebagai pengajar, pembimbing, penasihat, dan teladan. (2) Hasil peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik ialah sudah banyak peserta didik yang memiliki sikap demokratis, menghargai pendapat sesama, berbagi kepada sesama, membangun kerukunan warga kelas, menyukai gotong-royong, serta menjaga kebersihan lingkungan. (3) Faktor pendukung guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik yaitu adanya DEWA (Dewan Siswa), kontribusi guru lain di MAN 3 Sleman yang termasuk faktor dominan, dan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu penggunaan gadget secara berlebihan dan kurangnya kesadaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Akidah Akhlak, Sikap Peduli, Era Society 5.0
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 14:27
Last Modified: 03 Jul 2024 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum