MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA: PROGRAM, IMPLEMENTASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI

Nushrotin Wafiroh, NIM.: 20104010067 (2024) MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA: PROGRAM, IMPLEMENTASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA: PROGRAM, IMPLEMENTASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI)
20104010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA: PROGRAM, IMPLEMENTASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI)
20104010067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan yang dialami siswa dalam mengimplementasikan karakter religius di MAN 4 Bantul Yogyakarta dibuktikan dengan banyaknya perilaku siswa yang menyimpang ke hal-hal yang tidak baik contohnya bermalas-malasan dengan memainkan handphone di kelas maupun ajakan teman untuk sengaja tidak mengikuti kegiatan di madrasah. Membangun karakter religius yang diterapkan di dalam pembelajaran maupun di luar kelas diupayakan agar peserta didik berperilaku dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam. Mereka remaja yang ingin mencoba hal-hal baru, diperlukan bimbingan tambahan agar peserta didik tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak baik. Dengan adanya anak-anak yang memiliki latar belakang yang beragam inilah, maka guru Fikih, tim kesiswaan dan madrasah menciptakan program yang cocok untuk dirancang di kelas maupun di luar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program, implementasi, tantangan, dan solusi dalam membangun karakter religius di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik dilakukan dengan memeriksa dan membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian. Untuk triangulasi sumber memeriksa informasi melalui berbagai metode dan sumber perolehan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi & penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Programۖ “pembiasaanۖ baik”ۖ yangۖ adaۖ diۖ madrasahۖ memiliki 11 kegiatan dalam membangun karakter religius di MAN 4 Bantul Yogyakarta. 2) Implementasi dalam membangun karakter religius pada pembelajaran di kelas yaitu guru menyisipkan nilai karakter religius dalam menyampaikan materi, sedangkan di luar kelas semua warga madrasah ikut serta dalam semua kegiatan program pembiasaan baik yang dibuat madrasah dalam rangka menanamkan dan meningkatkan karakter religius di MAN 4 Bantul. Nilai religius yang ditanamkan yaitu Islam, Ihsan, Taqwa, Syukur, Silaturahmi, Al-Ukhuwah, Al-‘Adalah, Tawadhu’, Insyirah, dan Al-Munfiqun. 3) Tantangan dalam membangun karakter religius MAN 4 Bantul Yogyakarta yaitu pengaruh media sosial dan pergaulan di luar madrasah. 4) Solusi dalam mengatasi tantangan tersebut adalah komunikasi, sikap/perilaku, merancang kegiatan pembelajaran dengan nilai karakter religius, dan memberikan motivasi belajar kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asniyah Nailasariy, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Program, Implementasi, Tantangan, Solusi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 14:44
Last Modified: 03 Jul 2024 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum