PROGRAM PEMENUHAN HAK ANAK OLEH LEMBAGA SOSIAL SOS CHILDREN’S VILLAGES YOGYAKARTA PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH

Navila Ash Shofwa Kamila Farid, NIM.: 17103050042 (2024) PROGRAM PEMENUHAN HAK ANAK OLEH LEMBAGA SOSIAL SOS CHILDREN’S VILLAGES YOGYAKARTA PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PEMENUHAN HAK ANAK OLEH LEMBAGA SOSIAL SOS CHILDREN’S VILLAGES YOGYAKARTA PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH)
17103050042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PEMENUHAN HAK ANAK OLEH LEMBAGA SOSIAL SOS CHILDREN’S VILLAGES YOGYAKARTA PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ’AH)
17103050042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Menurut Unicef remaja usia sekolah menengah pertama (13-15 tahun) dari keluarga miskin lima kali lebih besar kemungkinannya untuk putus sekolah.Demi tercapainya pemenuhan hak anak yang rentan terlantar, putus sekolah, anak jalanan atau bahkan anak yang kurang mendapatkan kasih sayang orang tua, perlu adanya perhatian dari pemerintah yang dibantu oleh masyarakat dan lembaga sosial. Salah satu lembaga sosial yang ikut membantu memperjuangkan hak anak ada SOS Children’s Villages. SOS melakukan upaya pemenuhan hak anak melalui program mereka dengan menguatkan pondasi dalam keluarga, mengajarkan parenting dan juga mendukung tumbuh kembang anak. Di dalam Islam pula, terkait hak kehidupan manusia supaya tercipta kehidupan yang damai maka diperlukan maqāṣid syarī’ah . Sehingga dalam hal ini, penulis merasa perlu mengetahui apa saja program yang akan dijalankan oleh SOS Childern’s Villages dalam upaya pemenuhan hak anak serta bagaimana pandangan konsep maqāṣid syarī’ah terkait dengan hal tersebut. Dalam usaha penulis untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang muncul, penulis melakukan penelitian dengan pendekatan sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Selain itu juga didukung data berupa artikel, jurnal, skripsi, dan data pendukung yang lain. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh SOS Children’s Villages Yogyakarta sebagai bentuk upaya pemenuhan hak anak adalah membuat program Family Strengthening Program dan Alternative Care Program. Selain itu, program-program dan upaya yang dilakukan selaras dengan konsep maqāṣid syarī’ah Jasser Auda, yakni kebebasan beragama (Ḥifẓ al-Ḥuriyyah al-I’tiqad), perlindungan hak-hak manusia (Ḥifẓ al- al-Ḥuquq al-Insan), perwujudan semangat mencari ilmu (Ḥifẓ al-‘aql), perlindungan keluarga (Ḥifẓ al-Usrah) dan perwujudan solidaritas sosial (Ḥifẓ al-māl).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fatma Amilia, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: hak anak; keluarga; maqāṣid syarī’ah
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 04 Jul 2024 09:11
Last Modified: 04 Jul 2024 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum