HUKUM MENTAATI ULIL AMRI DALAM DISKURSUS FIQIH SIYASAH PERSPEKTIF KH. AFIFUDDIN MUHAJIR DAN BUYA SYAFII MAARIF

Thariq Aziz, NIM.: 181030600086 (2024) HUKUM MENTAATI ULIL AMRI DALAM DISKURSUS FIQIH SIYASAH PERSPEKTIF KH. AFIFUDDIN MUHAJIR DAN BUYA SYAFII MAARIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUKUM MENTAATI ULIL AMRI DALAM DISKURSUS FIQIH SIYASAH PERSPEKTIF KH. AFIFUDDIN MUHAJIR DAN BUYA SYAFII MAARIF)
18103060086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUKUM MENTAATI ULIL AMRI DALAM DISKURSUS FIQIH SIYASAH PERSPEKTIF KH. AFIFUDDIN MUHAJIR DAN BUYA SYAFII MAARIF)
18103060086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konsep ulil amri dalam praktek kehidupan di masyarakat memiliki banyak makna, hal ini kemudian mempengaruhi masyarakat dalam mengambil sikap atau keputusan yang kaitannya dengan hukum ketaatannya. Kh. Afifuddin Muhajir dan Buya Syafii Maarif merupakan dua tokoh ulama yang terpandang dikalangan masyarakat. Dari karya dan telaah tentang pemikiran beliau akan dianalisa tentang konsep kedua tokoh dalam memandang hukum taat kepada ulil amri dalam diskursus fiqih siyasah. Tujuan penelitian yang dirumuskan adalah (1) untuk memahami dan menganalisa konsep ulil amri menurut Kh. Afifuddin Muhajir dan Buya Syafii Maarif, (2) untuk memahami dan menganalisa urgensi konsep ulil amri menurut Kh. Afifuddin Muhajir dan Buya Syafii Maarif. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang berfokus pada analisis, pengumpulan, dan sinskripsi sumber-sumber yang ada dalam bentuk buku, artikel, tulisan, fatwa, atau karya-karya terkait yang telah diterbitkan oleh KH. Afifuddin Muhajir dan Buya Syafii Maarif, serta sumber-sumber lain yang berkaitan dengan hukum Islam, khususnya dalam konteks mentaati ulil amri. Artinya penelitian yang bersifat kepustakaan yang data-datanya di ambil dari bahan-bahan tertulis, baik berupa buku atau lainnya yang berkaitan dengan topik pembahasan. Penelitian ini menggunakan pndekatan teori fiqih siyasah. Tujuan model ini digunakan untuk menganalisa perbandingan berbagai pendekatan maupun madzhab para mufassir. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; (1) Konsep ketaatan pada ulil amri menurut KH. Afifuddin Muhajir dan Buya Syafii Maarif ialah menekankan pada prinsip bahwa ketaatan kepada ulil amri harus selaras dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Jika ulil amri menuntut sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, keadilan, atau kemaslahatan umum, maka mereka menegaskan bahwa tidaklah wajib untuk mentaatinya. (2) Urgensi Ulil Amri menurut KH Afif Muhajir dan Buya Syafii Maarif, diantaranya ialah, membantu dalam menjaga keteraturan sosial, kemaslahatan yang lebih baik, membantu dalam menghindari konflik dan pertentangan dalam masyarakat, menjaga kedamaian, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Miski, M. Si
Uncontrolled Keywords: Ulil Amri; Fiqih Siyasah; KH. Afifuddin Muhajir; Buya Syafi’I Ma’arif
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 04 Jul 2024 10:23
Last Modified: 04 Jul 2024 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum