PENERAPAN ASAS IUS CONTRA LEGEM DALAM PERKARA CERAI GUGAT DENGAN DASAR PERSELISIHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BANDUNG NOMOR: 3935/Pdt.G/2023/PA.Badg)

Rizkia Aulia Firdaus, NIM.: 20103050079 (2024) PENERAPAN ASAS IUS CONTRA LEGEM DALAM PERKARA CERAI GUGAT DENGAN DASAR PERSELISIHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BANDUNG NOMOR: 3935/Pdt.G/2023/PA.Badg). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ASAS IUS CONTRA LEGEM DALAM PERKARA CERAI GUGAT DENGAN DASAR PERSELISIHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BANDUNG NOMOR: 3935/Pdt.G/2023/PA.Badg))
20103050079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ASAS IUS CONTRA LEGEM DALAM PERKARA CERAI GUGAT DENGAN DASAR PERSELISIHAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BANDUNG NOMOR: 3935/Pdt.G/2023/PA.Badg))
20103050079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan tidak selalu berjalan dengan harmonis, pertengkaran dan perselisihan mungkin bisa terjadi dan menjadi salah satu penyebab terjadinya perceraian. Oleh karena itu, terdapat peraturan tentang perkawinan yang dibuat untuk mempersukar terjadinya perceraian itu sendiri sebagaimana bentuk peraturan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2022 tentang Alasan percraian karena perselisihan. Dibuatnya aturan ini merupakan salah satu bentuk aturan yang dibuat oleh pimpinan MA dalam kamar agama untuk dijalankan Hakim Pengadilan Agama. Akan tetapi pada kenyataannya, hakim Pengadilan Agama Masih bisa mengesampingkan aturan yang dikeluarkan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa yang menjadi dasar pertimbangan hakim melakukan penerapan asas ius contra legem pada penanganan perkara cerai gugat nomor 3935/Pdt.G/2023/PA.Badg serta bagaimana putusan perkara nomor 3935/Pdt.G/2023/PA.Badg menurut perspektif maslahah mursalah. Skripsi ini merupakan penelitian dengan pendekatan yuridis normatif serta pendekatan undang-undang atau statute approach. Jenis penelitian ini adalah library research atau kepustakaan dengan sifat deskriptif analitis yang didukung dengan data wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deduktif yang terfokus pada analisis data Putusan Pengadilan Agama Bandung Nomor 935/Pdt.G/2023/PA.Badg. yang didasarkan pada dua kerangka teori, yaitu teori asas ius contra legem dan maslahah mursalah Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hal yang menjadi dasar pertimbangan hakim melakukan penerapan asas ius contra legem dalam perkara cerai gugat dengan alasan perselihan dan pertengkaran terhadap SEMA Nomor 1 Tahun 2022 yang memberikan batasan harus berpisah rumah selama 6 bulan adalah apabila pertengkaran dan perselisihan itu bisa dibuktikan oleh keterangan para saksi, berdasarkan pendengaran dan kesaksiannya secara langsung terkait pertengkaran dan perselisihan yang terjadi sehingga memberikan keyakinan kepada para hakim bahwa antara dalil penggugat dan keterangan saksi memiliki kesesuaian. Apabila ditinjau dari perspektif maslahah mursalah, hakim lebih mengutamakan nilai kemaslahatan atau kebaikan yang bisa dirasakan dalam putusan ini karena bertujuan untuk menjaga akal dan jiwa raga seorang isteri dari kekerasan rumah tangga yang dilakukan oleh suaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Syaifudin Anwar, M.H.
Uncontrolled Keywords: Perceraian; Asas Ius Contra Legem; Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 04 Jul 2024 12:01
Last Modified: 04 Jul 2024 12:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum