TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN KLATEN)

Viona Azalia Rahman, NIM.: 20103080034 (2024) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN KLATEN))
20103080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN KLATEN))
20103080034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pajak UMKM termasuk salah satu Pajak Penghasilan sebagai sumber penerimaan negara yang berkontribusi terhadap kontribusi produk domestik bruto (PDB). Di Kabupaten Klaten terdapat banyak UMKM yang tidak semua mempunyai NPWP. Teori yang digunakan adalah teori atribusi yang menjelaskan perilaku individu disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berusaha menjawab dua pertanyaan. Pertama, mengapa kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Kabupaten Klaten rendah. Kedua, Bagaimana tinjauan sosiologis terhadap rendahnya kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Kabupaten Klaten. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis dan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu analisis terhadap informasi yang didapatkan, kemudian diolah berbentuk kata-kata dan kalimat mengelompokkan data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, rendahnya kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Klaten dipengaruhi oleh enam faktor yaitu faktor pertama, pengetahuan dan pemahaman tentang ketentuan umum perpajakan; faktor kedua, kesadaran wajib pajak terhadap kewajiban perpajakannya; faktor ketiga, tingkat usia terhadap niat seseorang untuk membayar pajak.; faktor keempat, pengelolaan keuangan yang dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan; faktor kelima, sosialisasi perpajakan yang belum banyak diikuti oleh wajib pajak sehingga pengetahuan tentang pajak rendah; dan, faktor keenam, modernisasi perpajakan dan proses pelayanan administrasi secara online dimana wajib pajak masih belum terbiasa sehingga semakin kesulitan untuk membayarkan pajaknya. Kedua, Ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak UMKM di Kabupaten Klaten jika dilihat dari sosiologi hukum dengan menggunakan teori kepatuhan hukum masih berada dalam kategori rendah sehingga diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kepatuhan hukum dalam membayar pajak UMKM karena kepatuhan hukum berkaitan erat dengan masyarakat sebagai subyek peranan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kholid Zulfa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pajak; UMKM; kepatuhan hukum; sosiologi hukum; wajib pajak.
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 04 Jul 2024 13:47
Last Modified: 04 Jul 2024 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum