PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI APLIKASI PADA FITUR GRABFOOD, GOFOOD, DAN SHOPEEFOOD (STUDI PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)

Azkiya Salisa Alfafa, S.H, NIM.: 22203011093 (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI APLIKASI PADA FITUR GRABFOOD, GOFOOD, DAN SHOPEEFOOD (STUDI PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI APLIKASI PADA FITUR GRABFOOD, GOFOOD, DAN SHOPEEFOOD (STUDI PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM))
22203011093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI APLIKASI PADA FITUR GRABFOOD, GOFOOD, DAN SHOPEEFOOD (STUDI PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM))
22203011093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Internet turut berperan dalam dunia bisnis bagi masyarakat. Perjanjian yang dibuat sepihak oleh perusahaan dan berlaku untuk seluruh pihak yang akan melakukan transaksi pada perusahaan disebut dengan kontrak baku. Perjanjian dibuat tanpa negosiasi, isi perjanjian biasanya tidak adil bagi pihak yang lemah, yaitu konsumen. Sebab, konsumen hanya menerima kebijakan yang telah dibuat oleh perusahaan, karena banyaknya variasi merek yang berada di pasaran, cara penjualan beragam, tingkat daya beli konsumen meningkat, model produk cepat berubah yang menyebabkan beberapa konsumen ketinggalan model. Transaksi yang dilakukan secara online memudahkan pelaku usaha untuk memberikan informasi kepada konsumen dalam menawarkan barang atau jasanya. Konsumen hanya diberikan pilihan antara menerima ketentuan yang telah dibuat oleh perusahaan atau menolaknya. Apabila menolak, maka konsekuensinya adalah konsumen tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Pada peneltian ini, peneliti memaparkan mengenai perlindungan konsumen atas transaksi jual beli pada layanan Grabfood, Gofood, dan Shopeefood. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian riset kepustakaan (library research), dan bersifat deskriptif analitik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif dan sumber data dari penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sekunder, pengumpulan data dengan melakukan studi pustaka dan studi dokumen. Hasil dari pengumpulan bahan penelitian dilakukan menggunakan analisis data yang bersifat deduktif sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan dari proses yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa pada syarat dan ketentuan fitur Grabfood, dan Shopeefood terdapat pengalihan tanggung jawab, pihak Grabfood dan Shopeefood tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diderita penggunanya. Gofood memberikan beberapa ketentuan yang harus dipatuhi serta memberikan kebijakan kepada konsumen cara untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul pada saat proses transaksi, demi mencegah disclaimer dari konsumen. UUPK Pasal 18 menyebutkan bahwa setiap dokumen/perjanjian mengenai klausula baku tidak diperbolehkan berisi pengalihan tanggung jawab pelaku usaha. Maka dari itu syarat dan ketentuan tersebut bertentangan dengan undang-undang yang berlaku. Dalam pandangan hukum Islam melarang pencantuman klausula baku karena dapat merugikan salah satu pihak dan menghilangkan hak khiar yang seharusnya dimiliki oleh konsumen. Pencantuman klausula baku dapat dibenarkan apabila terletak pada halaman yang mudah diketahui oleh pengguna dan mudah dimengerti, karena tidak semua konsumen memahami hukum. Dalam hal kenyamanan, keragaman menu, dan keamanan transaksi Gofood lebih unggul daripada Grabfood dan Shopeefood. Grabfood dan Shopeefood setara dalam kenyamanan transaksi, keberagaman menu Grabfood lebih unggul dari Shopeefood, dan keamanan Shopeefood lebih unggul dari Grabfood.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Abdul Mughits, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Consumer Protection; Grabfood, Gofood; Shopeefood, Khiar
Subjects: Ilmu Hukum > Perlindungan Konsumen
Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2024 13:57
Last Modified: 04 Jul 2024 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum