PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BUDAYA NYADRAN MAKAM SEWU KABUPATEN BANTUL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Hilmy Faizah, NIM.: 20104040005 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BUDAYA NYADRAN MAKAM SEWU KABUPATEN BANTUL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BUDAYA NYADRAN MAKAM SEWU KABUPATEN BANTUL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS)
20104040005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BUDAYA NYADRAN MAKAM SEWU KABUPATEN BANTUL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS)
20104040005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik karena dapat memudahkan dalam memahami materi matematika. Kemampuan koneksi matematis yang dimiliki oleh peserta didik dapat difasilitasi dengan penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan LKPD berbasis budaya Nyadran Makam Sewu Kabupaten Bantul untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis yang berkualitas. LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan berkualitas jika telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD, lembar validasi soal tes kemampuan koneksi matematis, lembar angket respon guru terhadap LKPD, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar tes kemampuan koneksi matematis. Subjek penelitian yaitu validator ahli dan peserta didik sebagai subjek uji coba skala kecil dan subjek uji coba skala besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan penilaian dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,94 yang berada pada kriteria “tinggi” dan dari ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,93 yang berada pada kategori “tinggi”. Praktis berdasarkan hasil angket respon guru dengan skor rata-rata sebesar 3,8 yang berada pada kriteria “sangat praktis” dan hasil angket peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 3,07 yang berada pada kriteria “praktis”. Efektif berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan persentase peserta didik yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 61,29% yang berada pada kriteria “efektif”. Maka dari itu, LKPD dinyatakan berkualitas dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Budaya Nyadran Makam Sewu, Kemampuan Koneksi Matematis, Segitiga, Segiempat
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:30
Last Modified: 04 Jul 2024 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum