PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Gamal Abdul Nasher Al Hajid, NIM.: 20104040010 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK)
20104040010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK)
20104040010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan wajib untuk ditanamkan oleh setiap peserta didik terutama dalam proses pembelajaran. Namun, kenyaataanya kemampuan komunikasi matematis saat ini masih tergolong rendah. Cara untuk mengatasi rendahnya kemampuan komunikasi matematis yaitu dengan digunakannya model pembelajaran Discovery Learning. Model ini dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis terlebih pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Discovery Learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik. LKPD ini memuat kegiatan-kegiatan sesuai materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah 4D. Tahap 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Kriteria ketercapaian kualitas LKPD ini dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil penilaian ahli pada segi media dan materi, serta dari hasil uji coba lapangan pada segi kepraktisan dan keefektifan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Selain itu, para ahli sebagai validator merupakan dosen pendidikan matematika dan guru matematika. Hasil dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis Discovery Learning yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. LKPD ini telah melewati penilaian dari dua ahli, yakni ahli media dan ahli materi. Hasil dari penilaian ahli mendapat nilai sebesar 4,06 (baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai sebesar 4,203 (sangat baik) dari peserta didik. Hasil keefektifan mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 79,4% dimana dapat dikatakan efektif mengingat syarat persentase keefektifan lebih dari 60%, sehingga LKPD berbasis Discovery Learning efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Burhanuddin Latif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:33
Last Modified: 04 Jul 2024 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum