PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL ACEH UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Mutia Ulfa, NIM.: 20104040048 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL ACEH UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL ACEH UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV))
20104040048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL ACEH UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV))
20104040048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis RME dengan konteks budaya lokal Aceh untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan pendekatan RME konteks budaya lokal Aceh pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tahap-tahap pengembangan pada penelitian ini meliputi tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implement) dan tahap evaluasi (evaluate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKPD, lembar angket respon peserta didik, lembar angket respon pendidik dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri dari tiga ahli dan subjek implimentasi dalam pembelajaran adalah peserta didik dan pendidik kelas VIII-E SMPN 1 Sabang tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: 1) LKPD berbasis RME dengan konteks budaya lokal Aceh berhasil dikembangkan melalui 5 tahapan pengembangan model ADDIE; 2) LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata 107,6 dan memperoleh kriteria baik. Respon peserta didik terhadap LKPD yang digunakan pada saat pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 63,266 dengan persentase keidealan sebesar 79,082% dan memperoleh kriteria baik sehingga dinyatakan praktis. Respon pendidik terhadap LKPD yang digunakan memperoleh nilai rata-rata 73 dengan persentase keidealan sebesar 91,25% dan memperoleh kriteria sangat baik sehingga dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 86,666% dan memperoleh kriteria sangat baik sehingga dinyatakan efektif. 3) LKPD berbasis RME dengan konteks budaya lokal Aceh pada materi SPLDV untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S. Pd. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, RME, Budaya Lokal Aceh, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:41
Last Modified: 04 Jul 2024 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum