PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ANDROID "RATIOEXPLORER" DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Siti Nurhalimah, NIM.: 20104040057 (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ANDROID "RATIOEXPLORER" DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ANDROID "RATIOEXPLORER" DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA)
20104040057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ANDROID "RATIOEXPLORER" DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA)
20104040057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan aplikasi game android dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implement – Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian aplikasi ini terdiri dari tiga ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah siswa kelas VII B SMP Taruna Terpadu tahun ajaran 2023/2024. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar pre-test serta post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) aplikasi game android dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik dikembangkan dengan 5 tahap pengembangan menurut ADDIE yaitu tahap analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implement), dan evaluasi (Evaluate); 2) kualitas aplikasi yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 77,8% (baik). Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan aplikasi ini memperoleh persentase keidealan sebesar 77,4% sehingga aplikasi ini dinyatakan praktis. Hasil tes keefektifan mendapatkan peningkatan 65,3% dari hasil pre-test dan post-test yang artinya produk termasuk efektif dalam memfasilitasi penalaran matematis. Dengan demikian, aplikasi game android “Ratio Explorer” ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi perbandingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Iqbal Ramadani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Game Android, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:44
Last Modified: 04 Jul 2024 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65543

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum