PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-RME PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Latifatul Izzah, NIM.: 20104040063 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-RME PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-RME PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK)
20104040063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-RME PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK)
20104040063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik yang mempunyai kemampuan penalaran yang baik akan mudah memahami materi matematika dan sebaliknya peserta didik yang kemampuan penalaran matematikanya rendah akan sulit memahami materi matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penalaran matematis peserta didik di Indonesia memiliki pondasi yang masih lemah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Selain itu, pendekatan RME sebagai pendekatan pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dapat menggunakan pembelajaran berbasis budaya yang menghubungkan antara konsep matematika dengan kebudayaan atau dapat disebut etnomatematika. Digunakannya pendekatan Etno- RME tersebut dapat mengatasi rendahnya kemampuan penalaran terlebih pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Etno-RME untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik. Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah 4D. Tahap 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMPN 15 Yogyakarta. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dosen pendidikan matematika, guru mata pelajaran matematika, dan peserta didik kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Kriteria kevalidan LKPD ini dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil penilaian ahli pada segi media dan materi, serta dari hasil uji coba lapangan pada segi kepraktisan dan keefektifan. LKPD ini telah melewati penilaian dari dua jenis ahli, yakni ahli media dan ahli materi. Hasil dari penilaian ahli media dan materi mendapat nilai yang sama sebesar 4,6 (sangat baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai untuk angket respon guru sebesar 3,3 (baik) dan angket respon peserta didik sebesar 3,1 (baik). Hasil keefektifan mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 85% dari hasil posttest yang artinya produk termasuk efektif dalam memfasilitasi kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Etno-RME berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd., Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Etno-RME, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:47
Last Modified: 04 Jul 2024 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum