PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMAKER PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Daril Ummahati, NIM.: 20104060027 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMAKER PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMAKER PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
20104060027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMAKER PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
20104060027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran masa kini membutuhkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi yang dapat membantu siswa untuk memahami materi kimia. Salah satu media yang belum banyak dikembangkan untuk mata pelajaran kimia adalah animaker. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis animaker pada materi struktur atom, (2) menganalisis kualitas media pembelajaran interaktif berbasis animaker berdasarkan ahli materi dan ahli media, serta (3) mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, mencakup analysis, design, development, dan implementation. Pertama, analisis kerja dan analisis kebutuhan dilakukan melalui kajian literatur dan studi pendahuluan ke sekolah. Kemudian pada tahap pengembangan, media dibuat menggunakan bantuan website animaker, sedangkan untuk tahapan hasil pengembangan, draf produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan revisi berdasarkan masukan para ahli, produk dinilaikan kepada dua guru kimia SMA/MA dan diujikan secara terbatas di kelas X SMA/MA di Yogyakarta. Persentase hasil validasi ahli materi dan ahli media sebesar 93,3% dan 94%, sedangkan presentase hasil penilaian kualitas produk oleh guru sebesar 96,36%. Respon positif terhadap media pembelajaran juga ditunjukkan oleh jawaban angket respon peserta didik sebesar 98,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis animaker cocok digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Animaker, Struktur Atom
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 15:19
Last Modified: 04 Jul 2024 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum