PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME PADA PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA

Ahmat Dani, NIM.: 20104060043 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME PADA PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME PADA PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA)
20104060043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS GAME PADA PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA)
20104060043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman terkait alat laboratorium sangatlah penting dalam pembelajaran kimia. Akan tetapi, hal ini menjadi kendala yang ditemukan di sekolah. Salah satunya masih terdapat sekolah yang memperkenalkan alat-alat laboratorium menggunakan gambar-gambar yang sulit dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas media pembelajaran yang dapat membantu siswa mengenal alat laboratorium. Media yang dikembangkan berupa AR-LAB (Augmented Reality Laboratory). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau research and development (RnD) yang menggunakan teori Richey dan Klein. Teori ini lebih mengutamakan perbaikan pada setiap tahap. Sehingga setiap tahap tidak akan dilanjutkan ke tahap berikutnya apabila masih terdapat perbaikan yang belum diselesaikan. Teori Richey dan Klein menjabarkan bahwa terdapat tiga tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, produksi dan evaluasi. Hasil uji validasi ahli materi dengan skor penilaian rata-rata 55 dari skor maksimal ideal 60 sedangkan persentase keidealan yang diperoleh sebesar 91,67% kategori sangat baik. Hasil uji validasi ahli media memberikan skor validasi rata-rata sebesar 55 dari skor maksimal ideal 60 sedangkan persentase keidealan yang diperoleh sebesar 91,67% kategori sangat baik. Hasil validasi guru memberikan skor rata-rata sebesar 112,4 dari skor maksimal ideal 120, dengan tingkat keidealan mencapai 93,60% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk validasi peserta didik diperoleh skor maksimal 100% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Alat Laboratorium, Augmented Reality, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:56
Last Modified: 05 Jul 2024 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum