PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VB (VISUAL BASIC) POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Zakiya Husniya, NIM.: 20104060049 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VB (VISUAL BASIC) POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VB (VISUAL BASIC) POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)
20104060049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VB (VISUAL BASIC) POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)
20104060049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu kimia memiliki konsep yang abstrak artinya konten yang dipelajari tidak nampak secara konkrit. Pada proses pembelajaran siswa hanya dapat membentuk pemahaman konsep dari sumber belajar yang bersifat permodelan seperti replika atom, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami. Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, tergolong materi yang sulit karena siswa harus mempelajari tiga representasi meliputi simbolik, makroskopik, serta submikroskopik. Selain itu, keterbatasan fasilitas siswa dalam melaksanakan praktikum pun termasuk penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi tersebut, khususnya pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint dilengkapi dengan program Visual Basic (VB) pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck. Penilaian produk dilakukan menggunakan lembar penilaian kualitas produk dan respon siswa. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa kualitatif dan kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penilaian pengembangan media Power Point dengan bantuan program Visual Basic (VB) materi larutan elektrolit dan nonelektrolit divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan tiga orang reviewer dengan perolehan hasil persentase 88%, 72,5%, dan 87% yang memperoleh kategori Sangat Baik (SB) dalam penilaian ahli media, tiga orang reviewe, dan kategori Baik (B) untuk ahli materi. Siswa merespon positif dengan persentase sebesar 98%, dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil penilaian disimpulkan bahwa media Power Point dengan bantuan xiv program Visual Basic (VB) yang dikembangkan layak digunakan sebagai media altenatif pada materi lautan elektrolit dan nonelektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Power Point; Elektrolit; Nonelektrolit; VB
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:00
Last Modified: 05 Jul 2024 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum