PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA KELAS XII SMA/MA

Nuzulul Nugrahnastiti, NIM.: 20104060045 (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA KELAS XII SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA KELAS XII SMA/MA)
20104060045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA KELAS XII SMA/MA)
20104060045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan HOTS perlu dimiliki siswa untuk meningkatkan literasi dalam rangka menghadapi tantangan abad 21. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen soal HOTS pada materi elektrokimia yang memenuhi kriteria valid dan reliabel. Selain itu, dianalisis juga tingkat kesukaran, daya pembeda, tingkat abilitas, dan deteksi bias responden. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer meliputi tahap preliminary dan formative evalution. Soal HOTS yang dikembangkan berupa pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil penilaian ahli dan reviewer diperoleh kualitas instrumen soal HOTS yang dikembangkan dengan kategori sangat baik. Analisis butir soal pada uji coba terbatas dari 33 siswa SMA menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 14 soal valid dan 1 soal tidak valid dengan nilai reliabilitas 0,69. Hasil validitas respon menunjukkan terdapat 4 siswa yang responnya tidak valid. Tingkat kesulitan soal diperoleh sebanyak 3 butir soal pada kategori mudah, 7 soal pada kategori sedang, 1 soal pada kategori sulit, dan 4 soal pada kategori sangat sulit. Hasil analisis daya pembeda butir soal diperoleh 9 soal dengan kriteria sangat baik, 3 soal dengan baik, dan 2 soal dengan cukup. Tingkat abilitas siswa menunjukkan terdapat 5 siswa yang memiliki abilitas tinggi, 7 siswa memiliki abilitas sedang, dan 21 siswa memiliki abilitas rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan soal HOTS materi elektrokimia yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Instrumen, Soal Higher Order Thinking Skills, Elektrokimia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:00
Last Modified: 05 Jul 2024 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum