KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA

Fitrotun Anisumarni, NIM.: 17104020067 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA)
17104020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA)
17104020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pembelajaran daring membuat siswa mengalami minat belajar berkurang dikarenakan ada sebagian siswa VII D MTs Negeri 1 Yogyakarta yang masih pemula dalam mengenal bahasa Arab. Oleh karena itu, pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran akan memengaruhi tingkat minat belajar siswa. Media pembelajaran yang mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang cukup baik seperti whatsapp yang secara tidak langsung juga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelbagai kreativitas guru dalam mengajar bahasa Arab pada siswa VII D MTs Negeri 1 Yogyakarta. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dan selanjutnya buah hasil dari kreativitas guru yang berdampak baik pada siswa VII D akan menjadi penelitian lanjutan dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun data diperoleh melalui wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta serta sebagai penguat data didapatkan melalui dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian kreativitas guru dalam mengajar bahasa Arab pada siswa kelas VII D MTs Negeri 1 Yogyakarta menunjukkan bahwa: bentuk kreativitas guru dalam bahasa Arab menggunakan berbagai macam media online sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dan kebijakan yang ada, faktor pendukung kreativitas guru bahasa Arab meliputi peran kepala madrasah dalam memberikan fasilitas, peran guru dalam mengikuti pelatihan-pelatihan pembelajaran, penggunaan media online dalam pembelajaran. Adapun faktor penghambat kendala teknis jaringan internet dan listrik yang terkadang bermasalah, kurangnya penguasaan pengoperasian guru dan siswa menggunakan media online, kurangnnya motivasi wali kelas dan wali siswa dalam belajar bahasa Arab, lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak begitu mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Media; Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:13
Last Modified: 05 Jul 2024 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65562

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum