IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TRADITIONAL BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA

Tias Sekar Nurjanah, NIM.: 20104080015 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TRADITIONAL BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TRADITIONAL BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA)
20104080015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TRADITIONAL BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA)
20104080015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena bullying di sekolah telah menjadi bahaya laten yang dapat muncul kapan saja di lingkungan pendidikan. Tipe bullying yang kerap terjadi pada anak usia sekolah dasar adalah traditional bullying yakni jenis bullying dalam bentuk bullying verbal, fisik, maupun psikologi. Memutus mata rantai bullying merupakan tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif. Sekolah ramah anak lahir sebagai kebijakan untuk memenuhi, menjamin, serta melindungi hak-hak anak dalam lingkungan sekolah agar terhindar dari kasus kekerasan dan tindakan diskriminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Preventif Traditional Bullying di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede; 2) Dampak Implementasi Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Preventif Traditional Bullying di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan penelitian. Terdapat 15 (lima belas) orang informan penelitian, yaitu 1 (satu) orang kepala sekolah, 1 (satu) orang koordinator tim sekolah ramah anak, 2 (dua) orang guru kelas, 10 (sepuluh) orang peserta didik, dan 1 (satu) tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Adapun teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Preventif Traditional Bullying di SD Muhammadiyah Kleco diwujudkan dalam upaya memenuhi komponen sekolah ramah anak yang berdasarkan pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang kebijakan Sekolah Ramah Anak. Analisis implementasi berdasarkan teori Edward III, terdiri dari aspek komunikasi, Aspek sumber daya, aspek disposisi, dan aspek struktur birokrasi, 2) Dampak implementasi program sekolah ramah anak sebagai upaya preventif traditional bullying di SD Muhammadiyah Kleco dikategorikan dalam 3 (tiga) komponen utama, yang pertama kebijakan sekolah yang berprinsip anti kekerasan dan anti diskriminasi; yang kedua dampaknya terhadap peserta didik adalah meningkatnya prestasi akademik maupun non akademik, perubahan karakter kearah positif, dan berkurangnya kasus traditiona bullying di sekolah; yang ketiga adalah dampak terhadap guru yakni peningkatan kreatifitas guru terhadap pembelajaran dan peningkatan perhatian guru terhadap kenyamanan psikologis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sekolah Ramah Anak, Traditional Bullying, Program Sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:35
Last Modified: 05 Jul 2024 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum