OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Alfian Nur Rifqi, NIM.: 19104010036 (2024) OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dunia Pendidikan di Indonesia tak terlepas dari problematika yang dilatarbelakangi oleh pluralitas masyarakat yang ada. Masih kerap terjadi kasus tawuran, pertikaian bahkan perundungan yang didasari perbedaan latar belakang siswa, baik identitas sosial maupun cara pandangnya. Oleh karena itu, seorang Guru harus memiliki peran optimal dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana optimalisasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai multikultural serta bagaimana respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai multikultural di SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman Yogyakarta. Jenis Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber untuk memeriksa kecocokan data yang diperoleh dari beberapa sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan proses pengumpulan data, merangkum data, penyajian data secara tersusun, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Guru PAI di SD Negeri Caturtunggal 3 menjalankan perannya secara optimal sebagai informator, pembimbing, contoh teladan, pengelola kelas, dan evaluator bagi siswa dalam dalam penanaman nilai-nilai multikultural di lingkungan sekolah. Guru menggunakan beberapa metode seperti metode cerita, keteladanan, pembiasaan, dan video pembelajaran. Tantangan yang dihadapi guru adalah kurangnya ketersediaan bahan bacaan di sekolah, sedangkan faktor pendukungnya adalah para guru yang saling bekerja sama serta pola asuh orang tua yang mendukung tertanamnya nilai-nilai multikultural pada diri siswa. (2) siswa memiliki respon positif terhadap penanaman nilai-nilai multikultural sehingga dapat memahami serta menerapkan sikap toleran, persatuan, dan saling menghargai antar sesame dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Indriyani Ma’rifah, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Nilai-nilai Multikultural; toleransi
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:21
Last Modified: 05 Jul 2024 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum