PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RUMAH RANGKAIAN ARUS LISTRIK BERBASIS AUDIO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD/MI

Hidayanti Nafis, NIM.: 20104080027 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RUMAH RANGKAIAN ARUS LISTRIK BERBASIS AUDIO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RUMAH RANGKAIAN ARUS LISTRIK BERBASIS AUDIO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD/MI)
20104080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RUMAH RANGKAIAN ARUS LISTRIK BERBASIS AUDIO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD/MI)
20104080027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini menuntun siswa lebih aktif menemukan pengetahuannya sendiri dengan mengedepankan kerja ilmiah dibandingkan dengan hafalan. Rangkaian arus listrik merupakan jalur yang dapat membuat elektron mengalir dari sumber voltase. Materi rangkaian arus listrik tergolong materi yang abstrak. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran untuk mencapai target dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media miniatur rumah rangkaian arus listrik, menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon guru dan peserta didik kelas VI SD Negeri Jurugentong. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan kelayakan media, analisis respon guru dan peserta didik. Serta data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa miniatur rumah rangkaian arus listrik berbasis audio sebagai media pembelajaran peserta didik kelas VI sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan persentase yang diperoleh masing – masing diantaranya yaitu ahli media sebesar 97,5%, ahli materi sebesar 94,5%, respons guru sebesar 95%, respons peserta didik sebesar 88%, dan semua hasil termasuk kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Meida Pembelajaran, Miniatur Rumah, Rangkaian Arus Listrik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 10:11
Last Modified: 05 Jul 2024 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum