PENGEMBANGAN “MONOPOLI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN PADA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA “NEGARAKU INDONESIA” UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Syalita Hilda Salsabila, NIM.: 20104080030 (2024) PENGEMBANGAN “MONOPOLI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN PADA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA “NEGARAKU INDONESIA” UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN “MONOPOLI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN PADA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA “NEGARAKU INDONESIA” UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD)
20104080030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN “MONOPOLI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN PADA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA “NEGARAKU INDONESIA” UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD)
20104080030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran diharapkan mampu mencitakan suasana yang menarik perhatian peserta didik. Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang dianggap kurang menarik, terlebih pada materi Negaraku Indonesia yang memerlukan banyak hafalan. Dengan demikian diperlukan media pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media monopoli yang dikembangkan serta memperolah media monopoli berbasis permainan yang layak digunakan menurut para ahli dan respon calon pengguna terhadap media monopoli. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, dan angket. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta dengan jumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik media pembelajaran monopoli berbasis permainan pada materi Pendidikan Pancasila Negaraku Indonesia terdiri dari komponen yang dibuat dengan menggunakan kertas Ivory 230gsm dan ArtPaper 150gsm. Papan permainan berukuran 30cm x 30cm, kartu-kartu dibuat dengan ukuran 3,5cm x 6,5cm, box penyimpanan berukuran 34cm x 17cm yang dilengkapi dengan pengunci box untuk melindungi isi komponen permainan, serta buku panduan dan kunci jawaban yang berukuran A5. Permainan monopoli ini terdapat penyederhanaan peraturan, barcode materi tambahan, dan buku panduan penggunaan untuk mempermudah permainan. Hasil dari produk yang dikembangkan dapat membantu peserta didik memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan. Media tergolong kategori Sangat Layak dengan skor perolehan 4,7 dari ahli materi dan ahli media, tergolong dalam kategori Layak dengan skor 4,3 dari ahli bahasa, dan tergolong dalam kategori Sangat Layak dengan skor perolehan 4,9 dari respon praktisi. Media yang dikembangkan mendapatkan respon keterbacaan dari calon pengguna dengan skor rata-rata 8,15 dan presentase 91% dari 20 peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pendidikan Pancasila, Permainan, Monopoli
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 10:13
Last Modified: 05 Jul 2024 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum