EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TENAGA GURU HONORER DALAM MENGATASI KEBUTUHAN GURU DI SMP N 1 PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI

Faisal Falahuddin, NIM.: 20104090015 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TENAGA GURU HONORER DALAM MENGATASI KEBUTUHAN GURU DI SMP N 1 PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TENAGA GURU HONORER DALAM MENGATASI KEBUTUHAN GURU DI SMP N 1 PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI)
20104090015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TENAGA GURU HONORER DALAM MENGATASI KEBUTUHAN GURU DI SMP N 1 PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI)
20104090015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemenuhan kebutuhan guru merupakan salah satu fokus utama dalam mencapai tujuan pendidikan. Dewasa ini banyak sekolah negeri yang mengalami kekurangan guru sehingga mengharuskan mereka untuk merekrut guru honorer dalam menutupi kebutuhan guru di sekolah. Walaupun memiliki kewajiban dan tugas yang sama, kesejahteraan dan keistimewaan yang didapatkan guru honorer berbeda dengan guru PNS. Adanya kesenjangan tersebut, efektivitas guru honorer dalam mengatasi kebutuhan guru menimbulkan tanda tanya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui apakah terdapat efektivitas penggunaan tenaga guru honorer dalam mengatasi kebutuhan guru; (2) dan mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan tenaga guru honorer dalam mengatasi kebutuhan guru. Metode kuantitatif melalui analisis efektivitas menggunakan rumus efektivitas berdasarkan teori Gaffar dan William tentang kebutuhan guru digunakan untuk melihat efektivitas penggunaan tenaga guru honorer dalam mengatasi kebutuhan guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 guru baik PNS maupun honorer. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang artinya hanya anggota populasi tertentu yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari analisis data menunjukkan persentase efektivitas penggunaan tenaga guru honorer dalam mengatasi kebutuhan guru di SMPN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri adalah sebesar 77,85% sehingga dinilai cukup efektif karena termasuk dalam rasio efektivitas 60%-79,77%. Dengan hasil ini, terdapat cukup bukti untuk menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, penggunaan tenaga guru honorer dinyatakan efektif dalam mengatasi kebutuhan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru Honorer, Kebutuhan Guru, Manajemen SDM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 10:22
Last Modified: 05 Jul 2024 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum