PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN STEAM LOOSE PART DI KB TUNAS MELATI JRAGAN 2

Rizki Istiqomah, NIM.: 17104030062 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN STEAM LOOSE PART DI KB TUNAS MELATI JRAGAN 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN STEAM LOOSE PART DI KB TUNAS MELATI JRAGAN 2)
17104030062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN STEAM LOOSE PART DI KB TUNAS MELATI JRAGAN 2)
17104030062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kognitif sangat penting bagi anak agar anak bisa berpikir kritis dan kreatif. Namun, hasil observasi di KB Tunas Melati Jragan 2 diketahui bahwa perkembangan kognitif anak masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pendekatan steam loose part. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif diterapkan. Untuk mengumpulkan dan mensintesis data, penulis menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mengawali proses penerapan pembelajaran dengan menggunakan media lepas dengan mulai menggunakan bahan-bahan yang diberikan melalui berbagai kegiatan di setiap pusat. Anak-anak di KB Tunas Melati Jragan 2 dapat terinspirasi untuk berkreasi melalui perbaikan-perbaikan yang mereka lakukan setelah mempelajari cara menggunakan media loose parts. Kegigihan dan semangat yang kuat, pemahaman orang tua akan pentingnya pembelajaran sejak dini, serta kolaborasi dan komunikasi yang efektif antara pendidik dan orang tua merupakan elemen yang berkontribusi terhadap hal ini. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu sumber daya manusia masih terbatas, pembuatan RPP memerlukan waktu yang cukup lama, dan sosialisasi atau pelatihan terkait penerapan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, mathematic) masih sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hibana, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Kemampuan Kognitif; Steam Loose Parts
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:49
Last Modified: 05 Jul 2024 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum