Analisis Peran Guru Dalam Peningkatan Religiusitas dalam Era Transformasi Digital Kelas I di MIN 1 Kabupaten Madiun

Husna Bintaya, NIM.: 17104080036 (2024) Analisis Peran Guru Dalam Peningkatan Religiusitas dalam Era Transformasi Digital Kelas I di MIN 1 Kabupaten Madiun. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Analisis Peran Guru Dalam Peningkatan Religiusitas dalam Era Transformasi Digital Kelas I di MIN 1 Kabupaten Madiun)
17104080036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Analisis Peran Guru Dalam Peningkatan Religiusitas dalam Era Transformasi Digital Kelas I di MIN 1 Kabupaten Madiun)
17104080036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam peningkatan religiusitas peserta didik kelas 1 MIN 1 Madiun? (2) Bagaimana solusi yang dapat diterapkan guna meningkatkan religiusitas peserta didik kelas 1? Tujuan penelitian ini yakni: (1) Menganalisis peran guru dalam pengingkatan religiusitas peserta didik kelas 1 MIN 1 Madiun. (2) Menjabarkan solusi yang dapat diterapkan guna meningkatkan religiusitas peserta didik kelas 1. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas 1 MIN 1 Madiun dengan subjek 1 orang guru kelas 1, 1 orang peserta didik kelas 1, dan 1 orang kepala sekolah MIN 1 Madiun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi teknik, triangulasi sumber Hasil penelitian ini yakni: (1) Peran guru dalam peningkatan religiusitas peserta didik kelas 1 MIN 1 Kabupaten Madiun yakni meliputi peran guru sebagai konselor, demonstrator, pendidik fasilitator, motivator, evaluator, dan teladan. Religiusitas peserta didik kelas 1 MIN 1 Kabupaten Madiun meliputi indikator cinta damai, tolerani, menghargai perbedaan agama, kerja sama, teguh pendirian, percaya diri, anti kekerasan, tidak memaksakan kehendak, tulus, mencintai lingkungan, dan melindungi yang kecil dan tersisih. (2) Solusi yang dapat diterapkan guna meningkatkan religiusitas peserta didik kelas 1 MIN 1 Kabupaten Madiun yakni sebagai konelor guru harus peka terhadap kebutuhan emosional dan spiritual peserta didik. Sebagai demonstrator, guru dapat menunjukan cara beribdah yang benar melalui praktik langsung. Sebagai pendidik, guru dapat mengintegrasikan nilai religius ke dalam kurikulum. Sebagai fasilitator, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan religiusitas. Sebagai motivator, guru dapat menginspirasi peserta didik untuk mendalami ajaran agama. Sebagai evaluator, guru harus secara rutin menilai perkembangan religiusitas peserta didik. Sebagai teladan, guru harus menunjukan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Religiusitas; Era Digital
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 11:16
Last Modified: 05 Jul 2024 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum