PENERAPAN KITAB AZKAR AS-SALAH PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH AL-MU’ABADAH KOPENSARI SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL

Uswatun Khasanah, NIM.: 19104030026 (2024) PENERAPAN KITAB AZKAR AS-SALAH PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH AL-MU’ABADAH KOPENSARI SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KITAB AŻKᾹR AṢ-ṢALᾹH PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH AL-MU’ÁBADAH KOPENSARI SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL)
19104030026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KITAB AŻKᾹR AṢ-ṢALᾹH PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH AL-MU’ÁBADAH KOPENSARI SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL)
19104030026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu pentingya menanamkan ibadah ṣalat kepada anak usia dini dengan baik dan benar dengan dasar pondasi yang kuat melalui ajaran agama yang sesuai dengan kaidah dan aturan syariat, sehingga anak dalam melakukan ibadah ṣalat tidak hanya meniru perilaku orang dewasa namun juga harus mengetahui ilmunya. Di antaranya ada kitab yang menjelaskan terkait dengan tatacara ibadah ṣalat yang cocok dan sesuai untuk diajarkan kepada anak berusia dini. Salah satu caranya yaitu menggunakan Kitab Ażkᾱr Aṣ-Ṣalᾱh yang berisi tentang dzikir dan bacaan ṣalat yang mudah dipahami dan cocok dijadikan rujukan belajar anak terkait ibadah ṣalat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan Kitab Ażkᾱr Aṣ-Ṣalᾱh pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu’abadah Kopensari (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan Kitab Ażkᾱr Aṣ-Ṣalᾱh pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Muábadah Kopensari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan berlokasi di Madrasah Diniyah Al-Mu’abadah Kopensari Srimartani Piyungan Bantul DIY. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggali sumber data dari pendiri sekaligus kepala madrasah, guru kelas, orang tua dan 7 anak perempuan usia 4-6 tahun yang akan menjadi obyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Kitab Ażkᾱr Aṣ-Salah pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu’abadah Kopensari dilakukan tiga tahap diantaranya : perencanaan meliputi tujuan dan target yaitu anak usia dini, materi yang diajarkan yaitu dzikir dan bacaan ṣalat yang bersumber pada Kitab Ażkar Aṣ-Ṣalah. Pelaksanaan dilakukan dalam proses pembelajaran serta pembiasaan dan penilaian perkembangan diambil dari tes bacaan ṣalat dan ujian praktek ṣalat.(2) faktor pendukung penerapan Kitab Azkar Aṣ-Ṣalᾱh pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu’abadah Kopensari yaitu adanya kerjasama guru dan orang tua, konsistensi guru dalam mengajar, serta lingkungan yang baik dan nyaman. Sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu belajar, anak malas mengaji karena kelelahan sekolah, dan anak kurang fokus saat mengaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, S. Pd. I., M. A
Uncontrolled Keywords: Kitab Ażkar Aṣ-Ṣalah; Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 16:17
Last Modified: 05 Jul 2024 16:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum