EFEKTIVITAS HUKUM PENANGKAPAN IKAN DI SUNGAI DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NO 4 TAHUN 2022 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH

Bayu Aji Setiawan, S.H, NIM.: 22203011116 (2024) EFEKTIVITAS HUKUM PENANGKAPAN IKAN DI SUNGAI DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NO 4 TAHUN 2022 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS HUKUM PENANGKAPAN IKAN DI SUNGAI DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NO 4 TAHUN 2022 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH)
22203011116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS HUKUM PENANGKAPAN IKAN DI SUNGAI DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NO 4 TAHUN 2022 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH)
22203011116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peraturan daerah (Perda) merupakan salah satu jenis peraturan perundang-undangan dan merupakan bagian dari sistem hukum nasional yang berdasarkan Pancasila. Salah satunya adalah Perda Tentang Ketertiban Umum. Ketertiban umum ialah gambaran kondisi dimana masyarakatnya dapat melaksanakankan kegiatan serta aktifitas sehari-hari dengan tentram, teratur, serta tertib. Sebagai pendukung pelaksanaan di daerah secara berkelanjutan. Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara No 4 Tahun 2022 tentang Ketertiban Umum dalam pasal 13 pada potretnya masih terdapat banyak masyarakat yang menangkap ikan di sungai menggunakan zat yang tentu dapat merusak ekosistem didalamnya. Agar terciptanya pemerintah yang baik dan jauh dari berbagai pelanggaran serta perbuatan tidak tertib semua lini pemerintah dalam perihal ini adalah pemerintah daerah serta semua aspek yang ada didalamnya mampu bergerak secara selaras agar melahirkan suatu progres nyata. Penelitian adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian lapangan digunakan untuk mengetahui tentang terjadinya sesuatu sesuai dengan fakta yang sebenarnya dan juga penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini melalui pola wawancara, observasi, dokumentasi, dan (online) yang kemudian dapat dianalisis menggunakan penarikan kesimpulan yang di dapatkan. Hasil pembahasan proses pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Lampung Utara yang dalam kontes pembangunan adalah terdapat 5 faktor yaitu faktor peraturan perundang-undangan (hukum positif), faktor penegak hukum yang meliputi pihak-pihak yang membuat, menegakan, serta pihak-pihak yang turut serta membuat suatu peratura, faktor sarana dan fasilitas yang berkaitan dengan efektivitas hukum, faktor lingkungan dan masyarakat dimana hukum itu diterapkan dan faktor kebudayaan masyarkat. Secara kontes fiqih siya<sah tanfiz\iyyah melaksanakan undang-undang dan mengaktualisasikan perundang-undangan yang telah dirumuskan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatimah, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: regional regulations; legal effectiveness; ekosistem
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Jul 2024 10:54
Last Modified: 08 Jul 2024 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum