PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERUPA VIDEO BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Arif Nur Hidayat, NIM.: 19104060046 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERUPA VIDEO BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERUPA VIDEO BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA)
19104060046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERUPA VIDEO BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA)
19104060046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman memaksa perlu adanya inovasi untuk keberlangsungan pembelajaran. Kebutuhan akan inovasi yang berkaitan dengan materi hidrokarbon diperlukan sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kimia, serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran kimia berupa Video Berbasis Kinemaster pada materi hidrokarbon untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran kimia berupa Video Berbasis Kinemaster. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, dan Development. Produk media pembelajaran kimia berupa Video Berbasis Kinemaster dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 peer reviewer, dan 2 guru kimia. Produk ini juga direspon oleh 35 siswa MA kelas XI IPA 1 di MA N 2 Bantul. Teknik pengambilan data dan instrumen pengumpulan data yang diperlukan berupa angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisi data kualitatif selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif. Telah dikembangkan dan dihasilkan produk media pembelajaran berupa Video Berbasis Kinemaster pada materi hidrokarbon. Kualitas produk menurut para penilai termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan dari ahli materi 95%, ahli media 91,5%, guru kimia 93,33%, peer reviewer 91,7%, dan sangat setuju dari respon siswa kelas XI sebesar 84,8% dari total nilai maksimum 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kimia; Video Berbasis Kinemaster; Hidrokarbon
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 13:32
Last Modified: 08 Jul 2024 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum