PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL

Sofia Anggeline, NIM.: 19104080085 (2024) PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL)
19104080085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL)
19104080085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sering ditakuti oleh peserta didik. Peserta didik menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal ini sama seperti yang dialami peserta didik kelas V di MIN 2 Bantul yang mengalami kesulitan menyelesaikan operasi hitung perkalian. Salah satu penyebab kondisi ini adalah masih kurangnya pemahaman konsep perkalian dan masih rendahnya kemampuan berhitung pada operasi perkalian. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat mengatasi rendahnya kemampuan berhitung operasi perkalian dengan menerapkan metode lattice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode lattice dapat mengatasi rendahnya kemampuan berhitung operasi perkalian siswa kelas V di MIN 2 Bantul. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design menggunakan bentuk penelitian Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas V MIN 2 Bantul. Pengambilan data menggunakan tes tertulis dan data yang diperoleh akan diolah dengan uji statistik menggunakan SPSS 23 for windows. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai peserta didik kelas eksperimen sesudah diberikan perlakuan berupa metode lattice. Berdasarkan hasil penelitian yang di uji menggunakan uji-t (independent sample t-test) diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dari hasil uji statistik tersebut dapat diambil keputusan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan adanya peningkatan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan berupa metode lattice yang mengakibatkan berkembangnya kemampuan berhitung peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Lattice; Operasi Perkalian; Kemampuan Berhitung.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 13:38
Last Modified: 08 Jul 2024 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum