TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 BANTUL

Indah Meilestari, NIM.: 20104010095 (2024) TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 BANTUL)
20104010095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 BANTUL)
20104010095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan kurikulum oleh Kemendikbud RI yaitu menyempurnakan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Dalam proses perubahan kurikulum, tentu setiap satuan pendidikan harus melalui tahap perencanaan, pengimplementasian, dan evaluasi kurikulum yang dalam proses tersebut terdapat tantangan yang harus dihadapi terlebih pada mapel PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses transformasi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka pada PAI dan Budi Pekerti, perubahan substansial dan proseduralnya, serta tantangan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengambil latar di SMP Negeri 3 Bantul. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, dan Guru PAI. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan adalah dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Bantul mengalami perubahan, diantaranya mentransfer nilai-nilai yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari peserta didik. Berbeda dengan kurikulum 2013 yang difokuskan pada pencapaian kompetensi hasil belajar peserta didik. (2) Bentuk perubahan substansial dilihat dengan adanya program pembiasaan shalat dhuha, tadarus Al-Qur’an, infak Jumat, pembacaan sholawat setiap Jumat pagi, sedangkan perubahan prosedural dilihat pada kurikulum 2013 kompetensi yang dicapai tertuang dalam KI/KD, menggunakan metode saintifik, serta penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan pada kurikulum merdeka kompetensi yang dicapai tertuang dalam CP, menggunakan metode diferensiasi dan asesmen sumatif dan formatif. (3) Tantangan PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Bantul; kurangnya kerjasama, biaya untuk implementasi kurikulum merdeka cukup mahal, dan keterbatasan media digital peserta didik. (4) Solusi mengatasi tantangan tersebut, menyosialisasikan pada pihak sekolah bahwa tugas keagamaan adalah tugas bersama, memperbaiki sarana dan prasarana seccara berkala sesuai dana yang ada, dan guru harus mengkomunikasikan dengan walimurid ketika mengirim materi di WA group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Pendidikan Agama Islam; Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 13:43
Last Modified: 08 Jul 2024 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum