APLIKASI METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGAMMING (MILP) DALAM HETEROGENEOUS FLEET CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (HFCVRP) (STUDI KASUS UMKM BAKPIA PATHOK TERBIT)

Endarti Puspitasari, NIM.: 20106060005 (2024) APLIKASI METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGAMMING (MILP) DALAM HETEROGENEOUS FLEET CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (HFCVRP) (STUDI KASUS UMKM BAKPIA PATHOK TERBIT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGAMMING (MILP) DALAM HETEROGENEOUS FLEET CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (HFCVRP) (STUDI KASUS UMKM BAKPIA PATHOK TERBIT))
20106060005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGAMMING (MILP) DALAM HETEROGENEOUS FLEET CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (HFCVRP) (STUDI KASUS UMKM BAKPIA PATHOK TERBIT))
20106060005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses pengiriman yang belum optimal dapat meningkatkan biaya operasional. Metode MILP (Mixed Integer Linear Progamming) digunakan untuk menangani masalah VRP (Vehicle Routing Problem) termasuk HFCVRP atau Heterogeneous Fleet Capacitated Vehicle Routing Problem. Model ini bertujuan meminimalkan total jarak distribusi dari kendaraan yang heterogen dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan yang berbeda-beda dan menghasilkan rute usulan yang dapat divisualisasikan ke dalam Google Maps. Solver utama yang digunakan adalah CPLEX versi 22.1.1 dengan input dan ouput data dari Excel. Excel mempunyai VBA (Visual Basic for Applications. Perhitungan matriks jarak dilakukan secara otomatis dengan Application Programming Interface (API) Google Maps. Model penelitian ini memiliki struktur yang jelas dan terorganisir dengan baik dan berhasil menyelesaikan masalah VRP dengan mengoptimalkan rute kendaraan untuk meminimalkan total jarak yang dilalui, mematuhi kendala kapasitas kendaraan, dan menghindari sub-tur. Namun, model ini tidak memperhitungkan biaya operasional yang lebih kompleks, keterbatasan dalam penyesuaian jumlah kendaraan secara dinamis, dan kemungkinan tingginya waktu komputasi untuk kasus dengan skala besar. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Bakpia Pathok Terbit di mana pengolahan data menggunakan data rute existing selama 8 hari pada tanggal 19-27 Mei 2024 yang dapat menghemat total rute yang dilalui. Total jarak tempuh rute existing sebesar 2099,5 km dan jarak tempuh rute usulan MILP sebesar 1985,341 km. Persentase penghematan sebesar 6,059%. Model penelitian ini dapat lebih dikembangkan lagi dengan variasi parameter, peningkatan metode heuristik atau metaheuristik dan perbandingan software solver.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Taufiq Aji, S.T. M.T., IPM.
Uncontrolled Keywords: MILP, VRP, HFCVRP, Google Maps API, CPLEX
Subjects: 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.5 Manajemen - Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2024 14:07
Last Modified: 08 Jul 2024 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum