PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Fadhilah Maulidi Hakim, NIM.: 20104030015 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
20104030015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-2.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
20104030015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan bercerita mahasiswa yang rendah dapat dilihat dari kurangnya kepercayaan diri ketika bercerita didepan banyak orang, penggunaan bahasa yang belum tepat dan penggunaan media pembelajaran yang monoton. Oleh sebab itu pada mata kuliah seni peran para mahasiswa diperkenalkan dengan aplikasi riri cerita anak interaktif sebagai inovasi dalam media pembelajaran. Penggunaan aplikasi riri cerita anak interaktif menjadi trobosan media pembelajaran yang menarik bagi mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi riri cerita anak interaktif memiliki pengaruh terhadap keterampilan bercerita mahasiswa. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Penggunaan aplikasi Riri Cerita Anak Interaktif (X) dan keterampilan bercerita mahasiswa (Y) menjadi dua variabel dalam penelitian ini. Peneliti mengambil 59 mahasiswa untuk dijadikan sebagai responden penelitian. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dilengkapi dengan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bercerita mahasiswa dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh penggunaan Aplikasi Riri Cerita Anak Interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 44,9% yang berarti bahwa variabel penggunaan aplikasi riri cerita anak interaktif memberikan konstribusi sebesar 44,9% terhadap variabel keterampilan bercerita mahasiswa. Sedangkan 55,1% keterampilan bercerita mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi riri cerita anak interaktif; keterampilan bercerita; mahasiswa PIAUD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 15:09
Last Modified: 08 Jul 2024 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum