PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Nabilla Salsabil Mudhofaroh, NIM.: 20104080021 (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH)
20104080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH)
20104080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran IPAS bagi peserta didik tidak hanya tentang menghafalkan teori dan konsep, melainkan juga mengajak untuk terlibat aktif pada aktivitas mental dan fisik agar mendapatkan pengalaman langsung yang bermakna. Salah satu materi IPAS yaitu mengenai sistem organ tubuh manusia, pada topik tersebut memuat cakupan materi yang banyak dan bersifat abstrak, sehingga apabila hanya mengacu pada pemaparan guru atau membaca dinilai kurang efektiv dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan melakukan percobaan atau praktikum. Pada pelaksanaan praktikum tentu saja membutuhkan buku panduan praktikum yang lengkap dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sedangkan fakta dilapangan belum terdapat panduan praktikum secara khusus, mereka hanya menggunakan buku siswa dan lks, sehingga mengakibatkan peserta didik merasa kesulitan untuk melaksanaakan praktikum secara mandiri dan kesulitan dalam menyimpulkan konsep materi yang telah dipraktikumkan. Permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan panduan praktikum yang berbasis CTL, karena dengan basis CTL peserta didik mampu memahami materi yang bersifat abstrak dengan mengilustrasikan materi tersebut melalui praktikum yang menggambarkan sistem organ tubuh manusia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model 4-D sesuai yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi proses define, design, development, dissemination. Pada proses define dilakukan analisis untuk menetapkan arah dasar yang diperlukan pada proses pengembangan panduan praktikum. Pada proses design menyusun dan menetapkan format panduan praktikum dan rancangan isi yang mencakup materi sistem organ tubuh manusia. Pada proses develop dilakukan suatu pengembangan panduan praktikum dalam bentuk draf. Pada proses dissemination dilakukan penyebaran produk secara terbatas pada 22 peserta didik kelas V di MIN 1 Yogyakarta. Data yang dihasilkan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi para ahli, penilaian praktisi, uji respon peserta didik; dan data kualitatif yang diperoleh dari saran dan masukan selama proses validasi kepada ahli. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan guru IPAS kelas V di MIN 1 Yogyakarta dan SDIT Al-Muthi’in Salsabila, dokumentasi kegiatan pada saat melakukan uji respon peserta didik, dan angket untuk penilaian validator, praktisi dan uji respon peserta didik. Hasil penelitian yaitu berupa pengembangan panduan praktikum dalam bentuk media cetak yang didalamnya mengintegrasikan komponen panduan praktikum dan komponen CTL. Hasil penilaian dari validator ahli materi sebesar 3,6 , ahli media diperoleh skor 4,97, dan ahli bahasa diperoleh skor 4,2. Dari ketiga validator ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan peneliti yaitu panduan praktikum materi sistem organ tubuh manusia dinyatakan layak untuk digunakan. Kemudian hasil uji respon peserta didik kepada 22 peserta didik kelas V di MIN 1 Yogyakarta diperoleh hasil nilai 273 yang menjawab “YA” dengan persentase 88,6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap produk panduan praktikum berbasis contextual teaching and learning pada materi sistem organ tubuh manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum; Contextual Teaching and Learning; IPAS, sistem organ tubuh manusia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 15:36
Last Modified: 08 Jul 2024 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum