PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PAI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA

Maulida Salsabila Zulfa, NIM.: 22204011035 (2024) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PAI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PAI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA)
22204011035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PAI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA)
22204011035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis bagaimana pemahaman materi PAI dalam karakter siswa. 2) Menga nalisis bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap siswa 3) Menganalisis terkait karakter siswa. 4) Menganalisis pengaruh antara pemahaman materi PAI dan lingkungan sekolah terhadap karakter siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan Yogyakarta Jenis peneliti an ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Suvey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan Yogyakarta yang berjumlah 252 siswa. Sampel penelitian adalah 143 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple ran dom sampling dari kelas XE1 sampai XE7. Pengumpulan data diperoleh melalui Tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman materi PAI dengan sam pel 143 dari 233 populasi, memiliki kategori tinggi yaitu sebesar 55,94% dan kategori rendah sebesar 2,80%. Salah satu hal yang menyebabkan tingginya pemahaman materi PAI adalah guru PAI yang selalu mementingkan pemahaman siswa akan materi PAI saat pembelaj aran PAI berlangsung 2) Lingkungan sekolah dalam karakter siswa dengan sampel 143 dari 233 populasi aktif, memiliki kategori sedang yaitu sebesar 52,45% dan kategori rendah sebesar 37,76%. 3) karakter siswa pada SMA Negeri 1 Kalasan Yogyakarta dengan sampe l 143 dari 233 populasi aktif, memiliki kategori a yang sedang, yaitu sebesar 52,68 %. Salah satu hal yang menyebabkan sedangnya keaktifan siswa adalah guru guru yang selalu memberikan nilai positif terhadap siswa beserta sarana prasarana sekoah yang cukup memadai untuk mendukung karakter siswa. 4) Dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi PAI dan lingkungan sekolah terhadap karakter siswa Siswa. Setelah peneliti melakukan pengolahan data uji hipotesis sebesar 0,000. Nil ai signifikansi yang kurang dari 0,05 memiliki arti bahwa terdapat pengaruh signifikan pada variabel pemahaman materi PAI dan lingkungan sekolah terhadap karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Materi PAI; Lingkungan Sekolah; Karakter Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:26
Last Modified: 09 Jul 2024 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum