PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Jusniati Sari, NIM.: 22204091011 (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK)
22204091011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK)
22204091011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya peran manajerial kepala sekolah khususnya dalam mutu layanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dan (2) Evaluasi Implementasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Staf, dan Peserta Didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok melalui peran manajerial dinilai sudah baik namun belum optimal berdasarkan data evalusi diri sekolah, observasi, dan wawancara dengan pihak terkait. Hal ini tercermin dari kepala sekolah melakukan penyusunan program sudah terstruktur dan berjalan dengan baik hanya saja masih belum maksimal dalam memilah program yang mengutamakan perencanaan yang Tangible dan Reliability artinya yang menunjang adanya teknologi terbaru dalam sistem sekolah dan menunjang adanya peningkatan kemampuan skill para pendidik dan tenaga kependidikan. Kedua, pelaksanaan pengorganisasian sekolah sudah berlangsung dengan baik, akan tetapi belum optimal karena alokasi tugas masih tidak sesuai dengan keahlian SDM sehingga menghambat penyelesaian tugas. Ketiga, dalam Menggerakkan staf pendidik dan tenaga kependidikan, kepala sekolah sangat kreatif dalam memberi penghargaan dan tegas dalam memberi teguran, tetapi kurang teliti terhadap kebutuhan staf. Keempat, proses mengoptimalkan sumber daya sekolah sudah baik, terbukti dengan memanfaatkan keahlian SDM dan fungsionalisasi sarana prasarana namun belum optimal karena kurangnya program penunjang skill guru dan staf oleh sekolah. (2) Evaluasi Implementasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok dilakukan oleh kepala sekolah pada setiap rapat mingguan, rapat bulanan, rapat akhir semester, pengecekan terhadap tugas pokok seperti rencana pembelajaran, dan pengecekan ke dalam kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan peningkatan mutu layanan pendidikan, antara lain: kurangnya skill SDM dan sarana prasarana. Namun, semua itu dapat diatasi semua pihak yang ada dalam sekolah. Selain itu faktor yang mendukung dalam peningkatan mutu layanan, antara lain: kekompakan pendidik dan tenaga kependidikan yang baik, kepribadian kepala sekolah yang baik, tegas, dan demokratis, serta kemampuan sekolah dalam pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah; Manajer; Mutu Layanan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:43
Last Modified: 09 Jul 2024 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum