MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK PROGRAM PENGUATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Tijanun Baroroh Addakhil, NIM.: 18104090025 (2024) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK PROGRAM PENGUATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK PROGRAM PENGUATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
18104090025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK PROGRAM PENGUATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
18104090025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SD Muhammadiyah Condongcatur melibatkan 36 ustaz-ustazah sebagai Sumber Daya Manusia pada pelaksanaan Program Penguatan Baca Al-Qur’an. Oleh karena itu implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia penting diperhatikan agar sekolah dapat mencapai target program tersebut. Penelitian ini berfokus terhadap aspek manajemen sumber daya manusia, khususnya profesionalitas ustaz-ustazah pada Program Penguatan Baca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur, karena kedisiplinan, kehadiran, dan komitmen ustaz-ustazah masih dianggap rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sumber daya manusia pada tahun 2022-2023 dan bagaimana strategi peningkatan profesionalitas pendidik pada program penguatan baca Al-Qur’an pada periode selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melibatkan lima langkah teknik analisis data di antaranya: transcription, coding, grouping, comparing dan contrasting, serta interpreting. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, implementasi manajemen sumber daya manusia menerapkan tujuh fungsi operasional manajemen sumber daya manusia. Dari tujuh fungsi tersebut, empat di antaranya kurang baik dalam implementasinya, antara lain: pengadaan yang tidak melibatkan proses seleksi; pelatihan dan pengembangan hanya dilakukan sekali dalam satu periode; kedisiplinan pegawai kurang baik karena faktor ketegasan dan hukuman; serta pemutusan hubungan kerja yang didasarkan atas kontrak kerja akan tetapi banyak yang tidak memenuhinya. Sedangkan tiga fungsi lainnya, seperti, pengintegrasian, pemeliharaan dan kompensasi dapat tergolong baik. Kedua, sekolah menerapkan strategi peningkatan profesionalitas pendidik Al-Qur’an melalui enam langkah berikut: 1) menerapkan perencanaan SDM yang intensif, 2) memperluas jaringan rekrutmen berupa digitalisasi informasi rekrutmen secara luas, penyebaran pamflet ke jaringan guru yang direkomendasikan, dan menjalin kerja sama dengan instansi dan universitas dalam menjaring sumber pelamar yang lebih kompeten. 3) melakukan seleksi secara ketat yang melibatkan tes tulis dan wawancara. 4) mengembangkan potensi ustaz-ustazah melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan. 5) melakukan penempatan yang tepat dan pendekatan secara personal. 6) meningkatkan pengawasan dan evaluasi selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Syaefudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: profesionalitas pendidik; MSDM; Sumber Daya Manusia
Subjects: 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:46
Last Modified: 09 Jul 2024 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum