PERMASALAHAN KETERTIBAN DALAM KELAS DAN PENGELOLAANNYA: STUDI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD NEGERI 3 KUTOWINANGUN KEBUMEN

Ana Rodhiyatus Sholikhah, NIM.: 19104010001 (2024) PERMASALAHAN KETERTIBAN DALAM KELAS DAN PENGELOLAANNYA: STUDI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD NEGERI 3 KUTOWINANGUN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERMASALAHAN KETERTIBAN DALAM KELAS DAN PENGELOLAANNYA: STUDI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD NEGERI 3 KUTOWINANGUN KEBUMEN)
19104010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERMASALAHAN KETERTIBAN DALAM KELAS DAN PENGELOLAANNYA: STUDI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS III SD NEGERI 3 KUTOWINANGUN KEBUMEN)
19104010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses pembelajaran. Saat pembelajaran berlangsung, guru PAI mendapatkan hambatan-hambatan berupa tingkah laku siswa yang mengganggu ketertiban kelas. Pentingnya pengelolaan kelas diimplementasikan oleh guru yakni kegiatan dan program yang ada di kelas menjadi dapat terkoordinasi dengan baik. Ketercapaian tujuan pengelolaan kelas dapat dilihat dari para siswa memberikan respon yang baik dengan berperilaku sopan dan penuh perhatian kepada guru serta siswa akan bekerja dengan rajin dan penuh konsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugas PAI. Tujuan penelitian ini yakni untuk, menjelaskan masalah pelanggaran ketertiban siswa dalam pengelolaan kelas PAI, menjelaskan upaya pencegahan (preventif) pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI, dan menganalisis upaya pengembangan pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI di kelas III SD Negeri 3 Kutowinangun Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Uji keabsahan data penelitian ini dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yakni, 1) Bentuk-bentuk masalah ketertiban siswa di kelas dibagi menjadi dua yakni, pelanggaran ketertiban yang bersifat individu dan pelanggaran ketertiban yang bersifat kelompok. Pelanggaran ketertiban yang bersifat individu meliputi tingkah laku siswa yang berbuat usil, siswa yang berbuat jail, dan siswa yang mencontek. Pelanggaran ketertiban yang bersifat kelompok meliputi kurangnya keakraban antarsiswa, ketidakpatuhan siswa terhadap norma kelas, sekelompok siswa memperolok-olok siswa lainnya, beberapa siswa mendukung aksi temannya yang berbuat gaduh, siswa secara bersama-sama melanggar ketentuan tugas, dan ada siswa yang kurang mampu beradaptasi dengan kelas barunya., 2) Upaya pencegahan yang dilakukan guru PAI terhadap masalah ketertiban siswa dalam pengelolaan kelas meliputi guru PAI menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian menyeluruh terhadap kegiatan siswa selama pembelajaran, dan memusatkan perhatian kelompok., 3) Upaya pengembangan yang dilakukan guru PAI terhadap masalah ketertiban siswa dalam pengelolaan kelas meliputi guru PAI mengubah tingkah laku siswa di kelas, memberikan arahan di luar kelas, membuat pembelajaran yang menarik, dan mengembangkan kompetensi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: ketertiban siswa; pengelolaan kelas; Guru PAI; belajar optimal
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:51
Last Modified: 09 Jul 2024 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum