IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADUS SALIHIN TUMUT MOYUDAN YOGYAKARTA

Erni Rika Safitri, NIM.: 19104030046 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADUS SALIHIN TUMUT MOYUDAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADUS SALIHIN TUMUT MOYUDAN YOGYAKARTA)
19104030046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADUS SALIHIN TUMUT MOYUDAN YOGYAKARTA)
19104030046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada aspek perkembangan kemampuan kreativitas anak yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut Moyudan Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut Moyudan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu, peserta didik usia 5-6 tahun, guru kelompok B, dan kepala sekolah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari, data reduction, data display dan conclusion/verification. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut Moyudan Yogyakarta mendorong anak untuk lebih kreatif dan mengembangkan ide berbasis STEAM serta aktif terlibat dalam proses pemecahan masalah yang difasilitasi guru melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut meliputi: faktor lingkungan, faktor lembaga, suasana pembelajaran, guru yang kreatif dan inovatif. Faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut meliputi: media pembelajaran yang kurang lengkap, guru yang kurang menguasai STEAM, dan penyesuaian diri terhadap kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STEAM-Based Learning; PIAUD; peserta didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:57
Last Modified: 09 Jul 2024 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum