IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK ROBOTIK SISWA DI MTsN 6 SLEMAN

Asma Nabila, NIM.: 19104090028 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK ROBOTIK SISWA DI MTsN 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK ROBOTIK SISWA DI MTsN 6 SLEMAN)
19104090028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK ROBOTIK SISWA DI MTsN 6 SLEMAN)
19104090028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti dari hasil observasi dan wawancara pra penelitian di MTsN 6 Sleman peneliti menemukan kesenjangan terkait sarana dan prasarana yang ada di MTsN 6 Sleman ini. Pasalnya para siswa hanya membayar uang komite yang digunakan untuk menunjang kegiatan yang tidak tercover dana sekolah. Namun terjadi kesenjangan di antara biaya dan prestasi yang didapatkan para siswa. Dengan biaya yang tidak besar, tapi khususnya prestasi di bidang robotik sampai ke tingkat nasional maupun internasional.. Dari sini peneliti ingin mengetahui (1) Bagaimana manajemen sarana dan prasrana di MTsN 6 Sleman? (2) Apa saja faktor yang meningkatkan prestasi non akademik robotik siswa di MTsN 6 Sleman? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi non akademik robotik siswa di MTsN 6 Sleman? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen sarana dan prasarana di MTsN 6 Slman yaitu : perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi, penghapusan, dan monitoring evaluasi. (2) Faktor yang meningkatkan prestasi non akademik robotik siswa di MTsN 6 Sleman yaitu : pertama, faktor internal berupa faktor jasmani dan psikologis; kedua faktor ekternal berupa faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. (3) Faktor pendukung implementasi manajemen sarana dan prasarana: daya dukung madrasah integrasi; sarana dan prasarana yang sudah ada; SDM yang berkompeten; Faktor penghambat : komunikasi atasan dengan anggotanya; keterbatasan anggaran untuk melengkapi sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Irwanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Non-Academic Robotic Student Achievements; prestasi belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 09:16
Last Modified: 09 Jul 2024 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum