DIMENSI-DIMENSI KEBERAGAMAAN MAHASISWA STUDI AGAMA AGAMA ANGKATAN TAHUN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

M. Fahrurrozi, NIM.: 17105020063 (2024) DIMENSI-DIMENSI KEBERAGAMAAN MAHASISWA STUDI AGAMA AGAMA ANGKATAN TAHUN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIMENSI-DIMENSI KEBERAGAMAAN MAHASISWA STUDI AGAMA AGAMA ANGKATAN TAHUN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17105020063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DIMENSI-DIMENSI KEBERAGAMAAN MAHASISWA STUDI AGAMA AGAMA ANGKATAN TAHUN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17105020063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Dimensi-Dimensi Keberagamaan Mahasiswa Studi Agama-Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019”, di mana mahasiswa Studi Agama-Agama khususnya Angkatan 2019 yang menjadi objek penelitian ini, mempelajari berbagai agama, baik agama-agama dunia maupun agama atau kepercayaan lokal. Mahasiwa tidak mempelajari dari luarnya saja tetapi menyelami hingga ritual-ritual serta kunjungan ke berbagai rumah ibadah. Mahasiwa tersebut justru lebih banyak mempelajari agama-agama lain daripada mempelajari agama yang di anutnya. Melihat fenomena tersebut, tidak bisa di pungkiri bahwa mahasiswa terlepas dari perilaku-perilaku , seperti, sikap intoleransi, penyelewangan dari ajaran agama sendiri hingga berbagai kasus mengenai konversi agama. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil subjek penelitian pada sejumlah mahasiwa Studi Agama-Agama Yogyakarta Tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implikasi pembelajaran multi agama terhadap keberagamaan mahasiswa Studi Agama- Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan tahun 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori dari Glock and Stark mengenai 5 (lima) dimensi religiusitas, yaitu; Dimesi Ideologis, Dimensi Ritualistik, Dimensi Intelectual, Dimensi Eksperensial, dan Dimensi Konsekuensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: implikasi belajar multi agama pada mahsiswa Studi Agama-Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019, telah memberikan dampak positif. Dari hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa mahasiswa yang belajar multi agama memiliki pengetahuan yang luas mengenai Agama-Agama yang ada tanpa mengurangi sedikitpun keyakinan mereka terhadap agamanya sendiri. Mempelajari agama-agama justru lebih memperkokoh keyakinan terhadap agamanya. Mahasiswa studi Agama-Agama yang mempelajari multi Agama memiliki sikapt toleransi, bisa menerima pemahaman agama lain dalam perbedaan. Mahasiswa yang mempelajari multi agama memiliki kemampuan untuk membangun sikap toleransi dan kepedulian sosial dengan orang-orang yang berbeda agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Khodijah Nurul Aula, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan Mahasiswa dan Pembelajaran Multi Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 09:23
Last Modified: 09 Jul 2024 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum