MITOS DAN AGAMA SEBAGAI BASIS NALAR MASYARAKAT DALAM FILM KKN DI DESA PENARI (Studi dari Perspektif Sosiologi Agama)

Haidir Ali Lbs, NIM.: 17105040065 (2024) MITOS DAN AGAMA SEBAGAI BASIS NALAR MASYARAKAT DALAM FILM KKN DI DESA PENARI (Studi dari Perspektif Sosiologi Agama). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MITOS DAN AGAMA SEBAGAI BASIS NALAR MASYARAKAT DALAM FILM KKN DI DESA PENARI (Studi dari Perspektif Sosiologi Agama))
17105040065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA masih ada cv.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MITOS DAN AGAMA SEBAGAI BASIS NALAR MASYARAKAT DALAM FILM KKN DI DESA PENARI (Studi dari Perspektif Sosiologi Agama))
17105040065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah suatu studi tentang sebuah film yang berjudul KKN di Desa Penari. Tujuannya adalah untuk mengetahui, pertama, realitas perjumpaan dan pergumulan antara nalar mitos di satu pihak, dan nalar agama serta nalar positif di pihak lain, dalam membentuk basis nalar masyarakat menurut representasi film KKN di Desa Penari; dan kedua, posisi komparatif nalar mitos, nalar agama, dan nalar positif sebagai basis nalar masyarakat dalam representasi film KKN di Desa Penari. Dalam pengumpulan data digunakan teknik penelitian pustaka, dengan terutama berfokus pada film KKN di Desa Penari sebagai kospus tunggal penelitian. Selanjutnya, analisis data menggunakan teknik analisis semiologi dari Roland Barthes, yakni analisis atas tanda-tanda dan simbol-simbol serta maknanya sebagaimana yang terdapat dalam film (cinematography language). Singkatnya, analisis semiologi adalah tafsir tentang tanda dan simbol, baik dalam makna denotatif maupun konotatifnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, menurut representasi film KKN di Desa Penari, perjumpaan antara nalar mitos di satu pihak dengan nalar agama, dan nalar positif di pihak lain di Desa Penari berlangsung dalam dua cara, yaitu secara fisik dan secara psikologis. Perjumpaan tersebut kemudian membawa pada pergumulan antara ketiganya, yang terjadi dalam dua bentuk. Pertama, pergumulan eksternal yang terlihat dalam bentuk konfrontasi terbuka di antara dua atau tiga protagonis sistem nalar yang berbeda. Kedua, pergumulan internal di mana para protagonis nalar mitos, nalar agama, dan nalar positif mengalami dinamika batin tertentu setelah berjumpa dengan ekspresi dan manifestasi sistem nalar yang berbeda. Sebagai akibat pergumulan tersebut, maka terwujud kondisi yang tak setara antara nalar mitos, nalar agama, dan nalar positif. Hal itu terjadi, karena dampak pergumulan tersebut bergerak hanya satu arah, yaitu dari nalar mitos terhadap nalar agama dan nalar positif, tetapi tidak sebaliknya. Alhasil, nalar mitos muncul sebagai nalar dominan, nalar agama sebagai nalar defensif-korektif, dan nalar positif ix sebagai nalar yang tereduksi dan terdistorsi. Berdasarkan kenyataan ini, karena itu, dapat ditegaskan bahwa basis aktual dari bangunan nalar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari menurut representasi film KKN di Desa Penari adalah mitos dan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, S.S. M.Si
Uncontrolled Keywords: nalar mitos; nalar agama; nalar positif
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 10:30
Last Modified: 09 Jul 2024 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum