NILAI-NILAI MAHABBAH JALALUDDIN RUMI YANG TERKANDUNG DALAM MUSIK HADRAH: STUDI KASUS HADRAH EL-MADINAH DI PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON

Akmad Gozana, NIM.: 19105010081 (2024) NILAI-NILAI MAHABBAH JALALUDDIN RUMI YANG TERKANDUNG DALAM MUSIK HADRAH: STUDI KASUS HADRAH EL-MADINAH DI PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI MAHABBAH JALALUDDIN RUMI YANG TERKANDUNG DALAM MUSIK HADRAH: STUDI KASUS HADRAH EL-MADINAH DI PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON)
19105010081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI MAHABBAH JALALUDDIN RUMI YANG TERKANDUNG DALAM MUSIK HADRAH: STUDI KASUS HADRAH EL-MADINAH DI PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON)
19105010081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia musik tidak jauh dengan lahirnya sebuah karya, sedangkan sebuah karya tidak jauh dari sebuah maksud dan tujuan, beberapa karya musik bertujuan untuk sebuah ekspresi dan ungkapan dari bahasa cinta. Seperti salah satu musik yakni sebuah kesenian yang bernama Hadrah. Dalam musik ini dibentuk dari sebuah ekspresi cinta atau mahabbah terhadap Tuhan dan Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang terkandung dalam syair-syair yang dituangkan yakni berisi tentang pujian-pujian terhadap Tuhan dan Nabi Muhammad SAW. Jalaluddin Rumi merupakan tokoh sufi yang terkenal dengan konsep cinta atau mahabbahnya. Menurut Jalaluddin Rumi, dalam kehidupan manusia kita membutuhkan cinta karena dengan cinta kita dapat menikmati kehidupan, baik itu cinta kepada Tuhan maupun cinta kita kepada makhluk-Nya. Bahkan kita sangat tergantung kepada cinta Tuhan dengan kita sebagai makhluk ciptaan-Nya. Jalaluddin Rumi menjadikan cinta sebagai tema sentral ajarannya, melihat cinta sejati atau cinta Ilahi yang hanya dapat dicapai melalui perantara, yaitu segala sesuatu selain Dia. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Teknik pengelolaan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tektik analisanya dengan cara mencari nilai-nilai mahabbah Jalaluddin Rumi yang terkandung dalam musik Hadrah. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tentang nilai-nilai mahabbah, atau cinta spiritual, yang terkandung dalam musik Hadrah dengan merujuk kepada ajaran Jalaluddin Rumi, seorang tokoh sufi terkemuka. Penelitian ini menggali konsep mahabbah yang diajarkan oleh Jalaluddin Rumi dan mencoba mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai ini tercermin dalam melodi, lirik, dan elemen-elemen lain dari musik Hadrah. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan wawancara dengan personil musik Hadrah dan pemerhati seni Islam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Penulis memilih grup Hadrah El-Madinah sebagai objek wawancara mengenai hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai mahabbah Jalaluddin Rumi yang terkandung dalam musik Hadrah memiliki banyak nilai yakni, nilai cinta Kepada Tuhan, Nilai cita kepada Rasulullah, Nilai keilhlasan dalam beribadah, nilai kerendahan hati, nilai keharmonisan dan kedamaian, serta nilai kebersamaan dan persaudaraan. Dalam penerapan terhadap nilai-nilai mahabbah Jalaluddin Rumi yang terkandung dalam musik Hadrah, Group Hadrah El-Madinah banyak menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini dapat memberikan wawasan baru terkait peran musik hadrah dalam memperkuat dimensi spiritual dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan sumbangan pada pemahaman kita terhadap hubungan antara seni, spiritualitas, dan ajaran sufi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Robby Habiba Abror, S. Ag, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Jalaluddin Rumi; Mahabbah; Musik Hadrah
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 11:13
Last Modified: 09 Jul 2024 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum