EKSISTENSI DAN EFEKTIVITAS ANGGOTA PARTAI POLITIK DALAM JABATAN KEPENGURUSAN KLUB SEPAKBOLA BERDASARKAN PERATURAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 (STUDI KASUS PERSIPA)

Muhammad Nurul Aslam, NIM.: 20103070030 (2024) EKSISTENSI DAN EFEKTIVITAS ANGGOTA PARTAI POLITIK DALAM JABATAN KEPENGURUSAN KLUB SEPAKBOLA BERDASARKAN PERATURAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 (STUDI KASUS PERSIPA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI DAN EFEKTIVITAS ANGGOTA PARTAI POLITIK DALAM JABATAN KEPENGURUSAN KLUB SEPAKBOLA BERDASARKAN PERATURAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 (STUDI KASUS PERSIPA))
20103070030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI DAN EFEKTIVITAS ANGGOTA PARTAI POLITIK DALAM JABATAN KEPENGURUSAN KLUB SEPAKBOLA BERDASARKAN PERATURAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 (STUDI KASUS PERSIPA))
20103070030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan politisi dalam pengelolaan klub sepak bola telah menjadi topik yang menarik perhatian dalam konteks hukum, etika, dan efektivitas manajerial. Penelitian ini menyajikan gambaran tentang fenomena tersebut dengan fokus pada legalitas jabatan politisi serta dampak kinerjanya terhadap klub sepak bola yang dikelolanya. Pembahasan umum dari penelitian ini adalah untuk menyoroti peran politisi yang bertindak sebagai pengurus klub sepak bola, baik dari sudut pandang legalitas jabatan maupun efektivitas kinerja dalam mengemban tanggung jawab tersebut. Dalam penelitian ini, dilakukan pendekatan menggunakan metode penelitian lapangan yang melibatkan observasi langsung dan wawancara. Data dikumpulkan melalui metode kepustakaan yang terdiri dari proses identifikasi secara sistematis terhadap peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan sumber literatur lainnya. Selain itu, penerapan wawancara sebagai metode tambahan dalam penelitian memberikan kesempatan untuk lebih mendalam dalam menganalisis objek penelitian, memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pandangan langsung dari subjek yang terlibat. Analisis terhadap kasus PERSIPA Pati menunjukkan bahwa kehadiran politisi dalam peran manajerial mampu memberikan dampak positif terhadap kinerja tim sepak bola yang dikelolanya. Namun, penelitian ini juga mengungkap potensi risiko penyalahgunaan kekuasaan politik dalam pengelolaan klub sepak bola. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan agar politisi yang menjabat sebagai pengurus klub sepak bola menjaga integritasnya dengan tidak memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan politik pribadi dan menghindari penyalahgunaan sumber daya klub untuk kegiatan politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Patiroy, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sepakbola, Politisi, Undang-Undang Olahraga
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 348.598 Peraturan-Peraturan di Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:23
Last Modified: 18 Jul 2024 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum