PENGARUH STUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI KECAMATAN MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Dina Karlina, NIM.: 20104030042 (2024) PENGARUH STUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI KECAMATAN MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI KECAMATAN MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
20104030042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI KECAMATAN MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
20104030042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Stunting berhubungan erat dengan risiko perkembangan otak suboptimal dan berbagai dampak negatif lainnya. Prevalensi stunting masih cukup tinggi di Indonesia, khususnya Provinsi Yogyakarta. Stunting menyebabkan gangguan pada perkembangan kognitif dan psikomotorik anak, yang berdampak pada hasil belajar di sekolah. Dalam hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan pengaruh stunting terhadap hasil belajar anak usia 4-6 tahun di Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui metode dokumentasi, seperti penyelidikan benda-benda tertulis seperti buku, dokumen, peraturan, dan sebagainya. Selama proses penelitian, analisis dilakukan dengan uji validitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis, dengan pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana dengan 30 anak sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien B negatif (-0,377) dan nilai t hitung yang juga negatif (-1,804), menandakan adanya pengaruh negatif stunting terhadap hasil belajar. Namun, nilai signifikansi sebesar 0,082 menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik. Selain itu, dari uji koefisien determinasi diketahui bahwa variabel stunting hanya memberikan kontribusi sebesar 10,4% terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya 89,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh stunting terhadap hasil belajar anak ditolak berdasarkan data hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fahrunnisa, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Stunting; Learning Outcomes; Early Childhood
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2024 12:03
Last Modified: 10 Jul 2024 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum